Biar Tak Salah Pilih Semangka, Simak Tips Ini!

Rasanya yang manis, mengandung banyak air, menjadikan semangka sebagai buah idaman. Salah satu cara memilih semangka adalah dengan melihat bentuk.
Ilustrasi - Semangka. (foto: Tagar/Pexels/Karolinca Grabowska)

Jakarta - Semangka merupakan buah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Rasanya yang manis, mengandung banyak air, menjadikan semangka sebagai buah idaman.

Semangka matang merupakan sumber antioksidan alami, termasuk likopen, yang dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti perlindungan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker tertentu.

Nah, buat Anda yang ingin beli semangka, jangan sampai salah pilih ya. Simak 6 tips memilih semangka yang manis, seperti dilansir dari Healthline.


1. Bentuknya Simetris

Konon, semangka dengan bentuk bulat cenderung lebih manis dibandingkan semangka berbentuk lonjong.

Namun, bentuk apapun yang Anda pilih, pilih yang bentuknya tegas dan simetris. Hindari semangka yang memiliki benjolan, penyok, atau luka yang tidak teratur.

Penyimpangan dapat mengindikasikan bahwa semangka tersebut kurang mengandung air. Di sisi lain, luka atau penyok mungkin menunjukkan keberadaan serangga atau jamur.


2. Buah Semangka Terasa Berat

Semangka yang manis dan matang harus terasa berat saat diangkat. Ini artinya, semangka tersebut mengandung air yang banyak dan karenanya lebih segar.

Kandungan air yang tinggi sangat menentukan kualitas buah-buahan, termasuk semangka.

Kandungan air pada semangka adalah 91%. Mengonsumsi makanan kaya air seperti semangka membantu Anda merasa kenyang yang lebih cepat meski hanya mengonsumsi sedikit kalori.


3. Periksa Spot Kuning di Bagian Bawah

Di bagian bawah semangka, terdapat spot berwarna kekuningan yang juga dikenal sebagai field spot.

Tempat ini menunjukkan tempat semangka diletakkan di tanah sebelum dipanen.

Spot kuning yang besar menunjukkan bahwa semangka menghabiskan lebih banyak waktu mematangkan diri pada permukaan tanah sehingga rasanya lebih manis.

Sebaliknya, jika spot tersebut berwarna putih, hal ini menunjukkan bahwa semangka dipanen terlalu cepat dan tidak mencapai puncak kematangan. Karena semangka tidak terus menjadi matang setelah dipanen, memilih semangka dengan spot berwarna putih berarti Anda kemungkinan besar akan mendapatkan semangka yang tidak manis.


4. Teknik Memukul

Cara lain untuk memeriksa kematangan semangka adalah dengan memukul semangka. Meskipun metode ini subjektif, hal ini sangat populer dilakukan bahkan di kalangan penjual semangka.

Semangka yang matang harus memiliki suara yang dalam ketika Anda memukulnya dengan tangan. Jika bunyinya datar, berarti semangka kurang matang.


5. Periksa Kekencangan Kulit

Semangka yang matang harus memiliki kulit yang tebal dan tidak lembek ketika ditekan. Selain itu, jika Anda menggoresnya dengan jempol, kulit semangka tidak akan mudah tergores.


6. Periksa Tangkainya

Tangkai semangka mengacu pada potongan batang yang tetap menempel setelah buah dipanen. Tangkai pada buah berfungsi untuk mengangkut air dan nutrisi yang memungkinkan buah tersebut tumbuh, karena tangkai menghubungkan daun, bunga, dan buah tanaman ke akarnya.

Batang yang berwarna hijau biasanya menunjukkan bahwa semangka dipanen terlalu dini dan tidak akan matang, karena masih tumbuh. Sebaliknya, tangkai yang kering menunjukkan bahwa semangka sudah matang dan manis.

Nah, setelah Anda tahu bagaimana cara memilih semangka yang manis, kini saatnya mempraktikkan pengetahuan ini. Semoga berhasil mendapatkan semangka yang manis, ya.  []


Baca juga


Berita terkait
5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan
Buah manggis merupakan buah yang dapat dimanfaatkan bagi dunia kesehatan maupun dunia kecantikan, mulai dari daging hingga kulitnya bermanfaat.
7 Jenis Buah-buahan Bermanfaat Untuk Memperpanjang Umur
Sejumlah buah-buahan dapat membantu Anda lebih sehat dan pajang umur jika mengkonsumsinya, seperti alpukat, apel, melon, tomat, dan lainnya.
Greenbelt Bendungan Tukul di Pacitan Ditanam 655 Pohon Buah
Greenbelt Bendungan Tukul di Pacitan, Jatim, ditanami 655 pohon buah agar memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.