7 Jenis Buah-buahan Bermanfaat Untuk Memperpanjang Umur

Sejumlah buah-buahan dapat membantu Anda lebih sehat dan pajang umur jika mengkonsumsinya, seperti alpukat, apel, melon, tomat, dan lainnya.
Ilustrasi - Jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk memperpanjang umur. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta – Buah-buahan tidak terlepas dalam dunia kesehatan bahkan sejumlah buah dapat membantu Anda lebih sehat dan pajang umur jika mengkonsumsinya.

Buah-buahan ini akan membantu Anda melawan kerusakan yang disebabkan oleh penuaan, masukkan saja ke dalam rencana makan harian dan mingguan Anda.

Dengan begitu dan Anda akan mendapatkan vitamin ekstra, antioksidan, dan zat lain yang akan membantu tubuh Anda melawan penyakit terkait usia. Berikut buah untuk memperpanjang umur yang dapat Anda temukan disekeliling Anda.


1. Alpukat

Selain mudah ditemukan dan rasanya lezat apalagi untuk jus dan es buah, alpukat sarat dengan lemak sehat untuk membantu meningkatkan kolesterol Anda. Selain itu kandungan vitamin lainnya juga bagus untuk kulit dan kesehatan secara umum.


2. Melon

Berdasarkan Very Well Fit, melon memiliki beberapa profil nutrisi terbaik dari semua buah. Daging buahnya lembut sehingga membuat Anda kenyang dan mengandung banyak vitamin untuk tubuh Anda.

Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi memberikan manfaat seperti pencegahan kanker, peningkatan sistem kekebalan tubuh, kulit yang sehat karena beta-karoten, dan mengurangi gejala stres dan kecemasan karena potasiumnya yang tinggi.


3. Delima

Fitokimia khas buah delima adalah yang paling melimpah dan bertanggung jawab atas lebih dari setengah aktivitas antioksidan jus buah delima. Fitokimia delima memiliki berbagai tindakan anti-kanker, pelindung jantung, dan menyehatkan otak.


4. Tomat

Berdasarkan Denver Health Medical Plan, tomat memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai kandungan dalam tomat seperti likopen, vitamin C dan E, beta-karoten dan antioksidan flavanol memberi banyak manfaat.

Lycopene khususnya melindungi terhadap kanker prostat, kerusakan kulit UV dan penyakit kardiovaskular. Sekitar 85 persen likopen dalam makanan Amerika berasal dari tomat.


5. Apel

Buah yang mudah ditemukan ini bermanfaat di setiap varietas apel memiliki sifat anti-kanker, buah berwarna merah memiliki antioksidan tertinggi. Namun ingatlah untuk memakan kulitnya, tentunya setelah dicuci bersih.

Apel hijau lebih rendah gula daripada apel merah sehingga membantu menurunkan berat badan dan buah yang baik untuk penderita diabetes. Granny Smiths bahkan bermanfaat untuk mengatur gula darah. Dengan banyak kandungan serat larut, apel dapat membantu Anda tetap kenyang menjadikannya camilan sore yang ideal.


6. Jambu biji

Jambu biji meningkatkan kekebalan dan menurunkan risiko kanker dengan kandungan antioksidannya yang kuat.

Ini adalah salah satu buah terbaik untuk penderita diabetes mengingat jumlah seratnya yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Vitamin A bahkan dapat membantu menjaga penglihatan Anda dalam kondisi yang baik sementara magnesiumnya dapat membantu menurunkan stres.


7. Pepaya

Berdasarkan Happy Body Formula, pepaya bisa membantu melancarkan pencernaan karena kandungan enzimnya yang kuat. Pepaya mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang membantu melindungi jantung dan bahkan dianggap dapat mencegah Rheumatoid Arthritis.

Nah, itulah tujuh jenis buah yang mudah ditemukan di pasar, toko buah, dan lain sebagainya dapat membantu Anda dalam memperpanjang umur. []

Berita terkait
Enam Buah Surga Ini Disebut dalam Alquran
Tahukah Anda ada buah-buahan surga disebut dalam Alquran? Berikut ini 6 buah disebut dalam kitab suci muslim. Penjelasan lengkap dalam infografis.
Alpukat dan Empat Buah-buahan yang Digoreng
Selain buah pisang, ternyata alpukat dan beberapa buah bisa juga diolah dengan cara digoreng. Cita rasanya sungguh menggoda.
Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah-buahan
Ternyata mengonsumsi buah sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Bukan tanpa sebab, serat yang terkandung dalam buah akan memberi energi.
0
7 Jenis Buah-buahan Bermanfaat Untuk Memperpanjang Umur
Sejumlah buah-buahan dapat membantu Anda lebih sehat dan pajang umur jika mengkonsumsinya, seperti alpukat, apel, melon, tomat, dan lainnya.