UNTUK INDONESIA
Beto Goncalves Terancam Dicoret dari Skuat SEA Games
Striker Alberto Goncalves bakal dicoret dari skuat SEA Games 2019 bila tidak sembuh dari cedera hamstring.
Striker Alberto Goncalves bakal dicoret dari skuat SEA Games 2019 bila tidak sembuh dari cedera hamstring. Karena cederanya, dia absen di laga uji coba melawan Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu 3 November 2019 (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Tim nasional Indonesia U-22 yang dipersiapkan berlaga di SEA Games 2019 kemungkinan mencoret striker veteran Alberto 'Beto' Goncalves. Cedera hamstring yang dialami pemain naturalisasi ini menjadi pertimbangan untuk tidak memasukannya di skuat Indonesia. 

Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri sesungguhnya sudah memasukkan lima pemain senior untuk skuat SEA Games. Mereka yang dipanggil di antaranya Beto Goncalves, Evan Dimas, Zulfiandi, Hansamu Yama dan Manahati Lestusen. 

Hanya, Hansamu dan Manahati terpaksa dicoret karena mengalami cedera. Demikian Beto yang belum pulih dari cedera hamstring. Dalam laga uji coba melawan Iran U-23 yang berakhir imbang 1-1 di Bali, Rabu 13 November 2019, penyerang Madura United ini tidak dimainkan. 

Kami akan bertanding tujuh kali dalam 14 hari. Jadi bisa dibayangkan pemain seperti apa yang saya bawa ke Filipina

"Saya uji coba dalam latihan, dia sudah bermain selama 20 menit. Tetapi dia kembali cedera hamstring. Jadi, kami masih harus melakukan observasi bagaimana status kesehatannya," kata Indra. 

"Kami akan berdiskusi dengan tim medis. Apakah bisa menunggu proses penyembuhannya atau terpaksa dicoret," ujarnya.

Beto akan dilihat kondisi kesehatannya pada uji coba kedua melawan tim yang sama, Iran U-23, di Stadion Pakansari, Sabtu 16 November 2019. Bila bisa tampil sesuai harapan, Beto bakal dipertahankan.  

Namun bila akhirnya Beto tidak masuk skuat, Indra bakal mempertahankan Evan Dimas dan Zulfiandi. Keduanya merupakan pilar timnas U-19 asuhan Indra saat memenangi Piala AFF U-19 2013. Indra Sjafri sendiri sudah tidak bisa mengganti atau mengubah pemain karena pendaftaran pemain sudah ditutup. 

Mengenai lima pemain senior yang diajukan, mantan pelatih Bali United ini tegaskan dirinya tidak melihat senioritas dari pemain yang berusia di atas 23 untuk melengkapi skuat SEA Games. 

Menurutnya yang terutama adalah kualitas dan kemudian kesehatan pemain. Pasalnya mereka akan menjalani laga yang padat di Filipina

"Pedoman saya adalah kualitas, bukan senioritas, dan kemudian masalah kesehatan. Kami akan bertanding tujuh kali dalam 14 hari. Jadi bisa dibayangkan pemain seperti apa yang saya bawa ke Filipina. Jangan sampai terjadi baru satu kali bertanding terus terkena hamstring," jawabnya. 

Indonesia bergabung di Grup B di SEA Games. Tim Merah Putih bersaing dengan rival utama Thailand,. Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Laos. Di laga perdana, Selasa 26 November 2019, Indonesia sudah harus bertemu Thailand.

Juara dan runner up dari Grup A dan B berhak lolos ke semifinal yang dimainkan pada 7 Desember. Selanjutnya, final digelar pada 10 Desember 2019. []

Berita terkait
Timnas U-22 Gagal Taklukkan Iran
Tim nasional Indonesia U-22 yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2019 gagal menaklukkan Iran U-23
Laga Lawan Iran Jadi Pembuktian Pemain Timnas U-22
Tim nasional U-22 yang dipersiapkan ke SEA Games 2019 beruji coba melawan Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu 13 November 2019.
SEA Games 2019, Timnas U-23 Seleksi di Yogyakarta
Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta mulai Senin 26 Agustus 2019. Ada 48 pemain diseleksi dan 8 pemain yang akan tereliminasi.
0
Anak Medan Bakar Pacar, Dituntut 15 Tahun Penjara
Pria warga Medan, Sumatera Utara dituntut 15 tahun penjara karena membakar kekasihnya.