UNTUK INDONESIA

Besok, 66.640 Vaksin Sinovac Dijadwalkan Tiba di Sulsel

Sebanyak 66.640 vaksin Sinovac siap digunakan di Sulawesi Selatan. Vaksin tersebut akan tiba di Sulsel, Selasa 5 Januari 2020.
Ilustrasi vaksin. (Tagar/Pixabay)

Makassar - Sebanyak 66.640 vaksin Sinovac siap digunakan di Sulawesi Selatan. Vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat dijadwalkan sampai, pada Selasa, 5 Januari 2020.Vaksin diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

"Pada 5 Januari nanti, vaksin akan tiba di Kota Makassar, dan akan dititipkan di laboratorium vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr Ichsan Mustari, Senin 4 Januari 2020.

Dia menjelaskan, untuk Sulawesi Selatan mendapatkan jatah vaksin dari pemerintah pusat sebanyak 66.640. Vaksin nantinya diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, baik di Kota Makassar, maupun Kabupaten. Dan vaksinasi dijadwalkan dilaksanakan pada 14 Januari 2020, nanti. Inipun serentak di seluruh Indonesia.

Pada 5 Januari nanti, vaksin akan tiba di Kota Makassar, dan akan dititipkan di laboratorium vaksin.

Kendati demikian, pemerintah Sulsel masih mempersiapkan metode pendistribusian vaksin dan tenaga medis yang akan melakukan vaksinasi serta sasaran yang akan mendapatkan vaksin.

"Kita sementara berkoordinasi pemerintah Kota Makassar dan kabupaten lain, untuk pendistribusian vaksin ini. Sehingga H-2 dilaksanakan vaksin segala sesuatunya sudah dilaksanakan," jelasnya.

Terpisah, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku, Dinas Kesehatan Sulsel sementara menyiapkan data klinis masyarakat Sulsel. Ada beberapa kriteria penerima vaksin dan diprioritaskan tenaga kesehatan.

"Harapan bapak Presiden, tahun ini vaksin dijalankan, dan kita harus bergerak lebih cepat. Oleh karena itu, saya harap bisa betul-betul mempersiapkan diri terutama tenaga kesehatan. Kita memulai vaksin di Februari. Pertama yang di vaksin ini adalah tenaga kesehatan," jelas mantan Bupati dua periode itu. []

Berita terkait
Bio Farma Libatkan Sejumlah Pihak dalam Distribusi Vaksin Sinovac
Bio Farma akan melibatkan sejumlah pihak, yakni provinsi, kabupaten, hingga kota dalam pendistribusian vaksin Covid-19 Sinovac.
62 Ribu Vaksin Sinovac untuk Nakes Jateng Tiba di Semarang
Tahap pertama 62 ribu lebih vaksin Covid-19 tiba di Semarang. Vaksin tersebut akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) Jateng.
Respon Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Soal Vaksinasi Covid-19
Wakil Gubernur Jawa Barat Jabar Uu Ruzhanul Ulum pun mengimbau masyarakat mau divaksin demi putus rantai Covid-19.
0
Besok, 66.640 Vaksin Sinovac Dijadwalkan Tiba di Sulsel
Sebanyak 66.640 vaksin Sinovac siap digunakan di Sulawesi Selatan. Vaksin tersebut akan tiba di Sulsel, Selasa 5 Januari 2020.