Bersiap! Melamar Kerja Bisa Melalui Video TikTok

Aplikasi TikTok sedang menguji fitur pekerjaan bagi pengguna di Amerika Serikat dengan nama TikTok Resumes diperuntukan untuk pelamar kerja.
Ilustrasi - Aplikasi TikTok. (Foto: Tagar/Teknologi)

Jakarta - Aplikasi TikTok sedang menguji fitur pekerjaan bagi pengguna di Amerika Serikat. Fitur dengan nama TikTok Resumes ini memungkinkan untuk langsung melamar ke perusahaan melalui resume video.

Pengguna harus membuat resume video, mempostingnya ke TikTok, dan kemudian mengirim video itu ke perekrut melalui aplikasi tersebut. 

Video instruksional untuk program percontohan merekomendasikan pelamar untuk tidak menyertakan informasi kontak pribadi seperti alamat email mereka dalam video yang dibagikan secara publik.

Ada lebih dari 30 perusahaan di daftar TikTok dengan posisi yang tersedia dari staf, rekanan, sampai senior, menurut laporan The Verge.

Misalnya, Alo Yoga sebuah perusahaan pakaian untuk olahraga yoga, mencari posisi manajer media sosial. Yang terpilih nantinya akan mengembangkan strategi TikTok untuk brand serta bermitra dengan influencer.

Ada juga tim bola basket Detroit Pistons yang mencari produser video yang akan menjangkau berbagai platform atau posisi presenter untuk situs makanan Allrecipes.

Perusahaan seperti Target, Chipotle, Sweetgreen, dan Great Clips juga menggunakan platform ini untuk menemukan karyawan pemula dan menengah untuk bekerja di toko dan gudang mereka, dengan beberapa posisi full time. Shopify mencari untuk mempekerjakan seorang insinyur data senior melalui fitur ini.

Lewat pelatihan dan pemasangan ekosistem kreator konten, terlihat strategi TikTok menyasar kepada Gen Z meskipun uji coba ini bersifat sementara. Hal ini tentu akan menguatkan pengaruh TikTok sebagai aplikasi berbagi video.

Awalnya, Tiktok Resumes terinspirasi oleh konten yang ditemukan melalui tagar seperti #CareerTok dan inisiatif perusahaan yang disengaja untuk menggaet mahasiswa dan pengguna yang lebih muda.

TikTok Resumes akan dibuka untuk pelamar mulai 7 hingga 31 Juli. Dan bagi mereka yang memiliki resume panjang, untungnya, TikTok meluncurkan video berdurasi tiga menit. []

Berita terkait
Selain Saham, TikTok juga Larang Influencer Endorse Kripto
Kebijakan TikTok ini dilakukan guna menghentikan gelombang investasi berisiko tinggi yang tidak sesuai
Lirik Lagu Viral TikTok 'Beggin' Maneskin
Maneskin adalah grup band pemenang dalam Eurovision Song Contest ke-65 yang digelar tahun 2021 ini.
Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
TikTok makin digandrungi, peluang mendapatkan uang dari TikTok begitu besar dengan video pendek yang diiringi musik.
0
Bersiap! Melamar Kerja Bisa Melalui Video TikTok
Aplikasi TikTok sedang menguji fitur pekerjaan bagi pengguna di Amerika Serikat dengan nama TikTok Resumes diperuntukan untuk pelamar kerja.