UNTUK INDONESIA
Bersama Pelatih Sementara, Bayern Lolos 16 Besar
Bayern Munich yang ditangani pelatih sementara Hansi Flick melaju ke 16 Besar Liga Champions usai mengalahkan Olympiakos.
Bayern Muenchen meraih tiket 16 Besar Liga Champions setelah mengalahkan Olympiakos 2-0 dalam pertandingan Grup B di Stadion Allianz Arena, Munich, Kamis 7 November 2019 dini hari WIB. (Foto: fcbayern.com)

Jakarta - Bayern Munich lolos 16 Besar Liga Champions setelah mengalahkan Olympiakos 2-0 di laga Grup B di Stadion Allianz Arena, Munich, Kamis 7 November 2019 dini hari WIB. Keberhasilan melaju ke babak knockout saat Bayern ditangani pelatih sementara Hansi Flick.

Ini menjadi debut manis Flick yang menggantikan pelatih Niko Kovac yang diberhentikan menyusul kekalahan telak 1-5 dari Eintracht Frankfurt di kompetisi Bundesliga Jerman. Kekalahan itu menjadikan Bayern kehilangan poisisinya di puncak klasemen. 

Hanya, Flick berstatus pelatih sementara. Bayern baru akan mengumumkan pelatih kepala beberapa pekan mendatang. Mantan pelatih Juventus Massimiliano Allegri disebut-sebut sebagai kandidat pelatih Bayern. 

Saya menikmati pertandingan ini karena tim menunjukkan kualitas yang dimilikinya. Saya puas dengan penampilan setiap pemain

Selain Allegri, mantan pelatih Manchester United Jose Mourinho menjadi kandidat. Mourinho memang sudah sarat pengalaman karena sebelumnya dia mengarsiteki Real Madrid, Chelsea dan Inter Milan. Dirinya membawa Inter dan Porto memenangi Liga Champions. 

Tak Mengalami Kesulitan

Di penyisihan grup Liga Champions musim ini, Bayern tak mengalami kesulitan sehingga melaju mulus ke babak knockout. Mereka memenangi empat pertandingan yang dijalani sehinga bertengger di puncak klasemen dengan poin 12. Unggul empat poin dari Tottenham Hotspur yang berada di peringkat dua. 

Meski babak penyisihan masih menyisakan dua pertandingan lagi, namun perolehan poin juara Liga Champions lima kali ini sudah tidak terkejar. Mereka masih menjalani dua pertandingan tandang melawan Red Star Belgrade dan Tottenham. 

"Saya menikmati pertandingan ini karena tim menunjukkan kualitas yang dimilikinya. Saya puas dengan penampilan setiap pemain. Tim menyelesaikannya dengan baik dan memenangkan pertandingan," kata Flick menanggapi kemenangan Bayern. 

Sebaliknya, Olympiakos kian terpuruk di dasar klasemen dengan poin satu. Mereka tinggal berharap meraih tiket ke Liga Europa bila mampu menduduki peringkat tiga klasemen akhir. 

Di pertandingan itu, Bayern sepenuhnya mendominasi dan mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Gelandang Leon Goretzka yang mengawali serangan Bayern ke pertahanan tim tamu. 

Bayern MunichStriker Bayern Munich Robert Lewandowski (kanan) merayakan gol bersama Kingsley Coman saat menghadapi Olympiakos di pertandingan Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Kamis 7 November 2019 dini hari WIB. Bayern menang 2-0 dan lolos 16 Besar. (Foto: fcbayern.com)

Hanya, performa gemilang kiper Olympiakos Jose Sa yang membuat pemain Bayern kesulitan mencetak gol di sepanjang babak pertama. Tercatat Robert Lewandowski dan Kingsley Coman mendapat peluang bagus yang bisa digagalkan Sa. Demikian pula upaya dari Benjamin belum membuahkan hasil. Skor 0-0 masih bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, kesabaran pemain Bayern akhirnya membuahkan hasil. Lewandowski memecahkan kebuntuan setelah mencetak gol menit 69. Striker tim nasional Polandia ini menyelesaikan umpan mendatar dari Coman. 

Menjelang akhir pertandingan, tuan rumah memantapkan keunggulannya. Kali ini, gelandang veteran yang didatangkan dari Inter, Ivan Perisic membobol gawang Olympiakos di menit 89. Skor 2-1 untuk Bayern bertahan sampai akhir laga. 

Flick mengakui tim sempat bekerja keras menghadapi pertahanan kuat Olympiakos. Apalagi pemain melakukan banyak kesalahan di babak pertama sehingga tak bisa mencetak gol. 

"Pertahanan kompak Olympiakos sangat bagus dan pemain mengambil banyak keputusan yang salah sehingga kami kesulitan saat berada di depan gawang," kata Flick. 

"Namun penampilan kami mulai membaik di babak kedua dan menekan lawan sepanjang pertandingan. Kini kami butuh recovery cepat agar bisa melakukan persiapan yang ideal di pertandingan liga," jawabnya. 

Pelatih Olympiakos Pedro Martins mengakui Bayern bermain lebih baik. Mereka berhasil menekan sehingga membuat timnya melakukan kesalahan. Menurut Martins kehadiran Flick sebagai pelatih baru juga memberi dampak bagus bagi Bayern. 

"Bayern menekan kami memaksa kami membuat kesalahan. Tentu mereka bisa melakukannya karena kualitas yang dimiliki. Mereka punya pelatih baru dan sepenuuhnya fokus di pertandingan itu," ujar Martins. []

Berita terkait
Tottenham Vs Bayern, Pelatih Kovac Waspadai Harry Kane
Pertarungan Tottenham Hotspur melawan Bayern Munich di Liga Champions mempertemukan dua striker haus gol Harry Kane dan Robert Lewandowski.
Robert Lewandowski Tetap di Bayern Sampai 2023
Bayern Munich memperbarui kontrak striker Robert Lewandowski. Bayern tak mau kehilangan pemain terbaiknya yang sudah diincar Real Madrid.
Jadi Mesin Gol Bayern, Ini Jawaban Lewandowski
Striker Robert Lewandowski menjadi tumpunan Bayern Munich untuk mencetak gol dan memenangkan pertandingan seperti saat mengalahkan Schalke 3-0.
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.