UNTUK INDONESIA
Berkah Mbah Gondes Usai Sepedanya Dicuri di Bantul
Viral di Facebook sepeda ontel butut milik mbah Gondes. Warganet berempati, lalu menggalang bantuan untuk warga Bantul ini.
Seorang perempuan yang biasa dipaggil mbah Gondes tampak duduk sambil menangis mendapati sepedanya dicuri orang saat mengarit rumput. (Foto: Istimewa/Facebook)

Yogyakarta - Belum lama ini viral di Facebook, postingan seorang ibu yang sudah renta kehilangan sepeda kayuh. Sepeda ontel dicuri saat si perempuan yang biasa dipanggil mbah Gondes ini sedang mengarit atau mencari rumput untuk pakan sapi milik orang lain.

Postingan tersebut diunggah oleh akun @Viky Febrian di Grup Facebook Jual Beli Sepeda Bekas Jogja atau JBSBJ. Postingan tersebut mendapat respons luar biasa dari warganet. Dalam sehari mendapat 6.151 tanggapan, 725 komentar dan dibagikan sebanyak 961 kali.

Dalam postingan itu mengunggah dua foto mbah Gondes yang sedang duduk sambil menangis dan mobil yang mengantarkan ibu pulang sambil membawa sekarung rumput milik si ibu. Viky Febrian menulis:

"Kok yo ra due ati tenan to yo pit jowo lawas wae di maling!!!!! Opo karena lagi musim sepeda terus nyuri sepeda orang tua yg buat kerja...Simbahe niku cuma punya sapi satu itupun ngewarat punya orang lo bukan sapi simbah nya..Beliau ngarit dr rumahnya sampai tempat ngarit dekete rumah saya 45 menit lo..kok ya tega" ne sepedanya di curi..Ra due utek tenan kok yo kwe mas seng maling pit e sinbahe.

KALAU ADA ORANG DI GROUP INI YANG TADI NYURI SEPEDA SIMBAHE DI JALAN IMOGIRI TIMUR TLNG Di KEMBALIKAN..KASIHAN MAS!!!!!

Kronologi dr cerita simbahe yg namanya saya tidak sempet tanyaTadi simbahe ngarit di samping rumah saya sekitar jam 14.30 dan di situ ada laki" lagi main hp..ngasih tau kalau di daerah utara masih banyak rumput bagus" dan akhirnya simbahnya pindah keurata barang" sepeda dan habis ngarit ditinggal di samping rumah saya..karena perasaan simbahe gak enak dan takut sama anjing akhirnya simbahe cuma ngarit sedikit trs balik, saat balik sepedanya udah gak ada.."

Bantuan SepedaRelawan memberikan bantuan kepada mbah Gondes berupa sepeda, dua ekor kambing, sembako dan lainnya. (Foto: Istimewa/Facebook)

Banyak warganet mengecam orang yang tega mencuri. Juga banyak netizen yang merasa iba dengan si ibu yang menjadi korban. "Kok yo tegel-tegele tho. Atine neng ndi sing nyolong kuwi (Kok tega-tega ya. Hatinya di mana yang mencuri itu)," kata akun @Heriato di kolom komentar.

Di sisi lain, postingan Viky Febrian ini mendapat empati dari warganet. Mereka dengan suka rela membantu, mengumpulkan iuran untuk mbah Gondes yang kehilangan sepeda bututnya.

Jogjaku istimewah...Ayo semangat le nggawe kebecikan lurr.. 

Viky Febrian kemudian memposting kebaikan hati dan kedermawanan warganet di grup yang sama, JBSBJ. Berikut narasi tulisan beserta sejumlah foto.

"Menindak lanjuti postingan saya kemarin

Terima kasih saya ucapkan kepeda rekan" yang sudah sangat membantu simbah gondes( nama panggilannya) yang beralamat di didesa srumbung rt 4 segoroyoso..Ini saya laporkan donasi yang sudah terkumpul dan kita belikan sembako, kambing satu pasang dan ada donasi sepeda.Semoga kebaikan hati tmn" semua mendapatkan balasan yang setimpal.."

Postingan ini juga mendapat banyak tanggapan dan komentar. Sebagian besar mengajak untuk saling peduli dan membantu agar Jogja tetap istimewa. "Jogjaku istimewah...Ayo semangat le nggawe kebecikan lurr.. (Jogja Istimewa.. Ayo semangat berbuat kebaikan)," tulis Adhi Istanto di kolom komentar. []

Berita terkait
Cara Mudah Membawa Sepeda Menggunakan Mobil
Olahraga bersepeda kini menjadi tren saat terjadi pandemi virus corona Covid-19. Bersepeda salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia.
Bocah Lima Tahun di AS Tewas Ditembak Saat Bersepeda
Cannon Hinnant, bocah laki-laki berusia lima tahun asal North Carolina, Amerika Serikat (AS), tewas setelah peluru menembus kepalanya.
Ngepit Tanpo Ngovid, Kampanye Bersepeda di Jateng
Ngepit Tanpo Ngovid, kampanye bersepeda yang sehat dan aman, sekaligus jadi ajang sosialisasi mencegah Covid-19. Akan diterapkan di Jawa Tengah.
0
Ridwan Kamil : Jangan Liburan ke Puncak dan Cianjur
Ridwan Kamil meminta warga Jakarta dan Depok menahan diri untuk tidak berlibur ke Puncak dan Cianjur saat libur panjang akhir Oktober ini.