UNTUK INDONESIA
Berikut Nama Perguruan Tinggi di Kota Makassar
Jika anda ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Kota Makassar bisa jadi pilihan, karena di Kota ini terdapat beberapa Universitas.
Universitas Negeri Makassar (UNM). (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Kota Makassar menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, baik dari daerah yang ada di Sulawesi Selatan maupun dari luar Sulsel.

Sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta bisa menjadi pilihan bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya di Kota Makassar, yang tentunya sudah terakreditasi.

Bagi yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di kampus negeri, di Makassar terdapat tiga perguruan tinggi negeri diantaranya, Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM).

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi salah satu pilihan favorit para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya di Kota Makassar.

UnhasUniversitas Hasanuddin Makassar. (Foto: Rio)

Kampus yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, berdiri pada 10 September 1950 dan saat ini telah mengelola sebanyak 14 fakultas.

Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Makassar yang merupakan cabang dari IKIP Yogyakarta pada tahun 1965.

Namun, pada tahun 1971 IKIP Makassar berubah nama menjadi IKIP Ujung Pandang.

UNM MakassarUniversitas Negeri Makassar (UNM). (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Barulah di tahun 1999, 4 September ditetapkan menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berada di Jalan AP Pettarani, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Selanjutnya, kampus negeri yang bernuansa islami juga ada di Makassar, yakni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar atau biasa juga dikenal dengan nama kampus hijau yang berdiri sejak tahun 1965, berada di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar dan di Samata, Kabupaten Gowa.

UIN Alauddin MakassarUniversitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (Foto: Tagar/Ist)

UINAM sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Alauddin yang diambil dari nama raja kesultanan Gowa yang pertama kali memeluk dan menjadikan Islam sebagai agama kerajaan.

Selain itu, terdapat juga sejumlah perguruan tinggi swasta yang ada juga menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di Kota Makassar.

Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Seperti, Universitas Muslim Indonesia yang berada di Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, merupakan perguruan tinggi tertua dan juga perguruan tinggi swasta terbesar di kawasan Timur Indonesia.

Dekan FTI UMI MakassarDekan Fakultas Teknologi Industri UMI Dr. Ir. Zakir Sabara, ST.,MT.,IPM Asean ENg. (Foto: Tagar/Dok.Pribadi Zakir)

UMI berdiri sejak tanggal 23 Juni 1954, kampus ini sudah terakreditasi institusi dan sebagian besar prodinya telah terakreditasi dari BAN-PT. Kampus ini membina 13 fakultas.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh)

Kemudian bergeser ke sebelah selatan Kota Makassar, tepatnya di Jalan Sultan Alauddin.

Muhammadiyah MakassarUniversitas Muhammadiyah Makassar. (Foto: Tagar/Ist)

Terdapat satu kampus kembali bernuasa Islami yakni, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang didirikan tanggal 19 Juni 1963 dengan membina tujuh fakultas.

Universitas Bosowa Makassar

Kembali ke Jalan Urip Sumohardjo, terdapat satu kampus bernama Universitas Bosowa yang sebelumnya bernama Universitas 45.

UNIBOSUniversitas Bosowa Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Universitas yang didirikan 9 Desember 1985 itu berubah nama setelah diambil alih oleh Aksa Mahmud pendiri Bosowa grup. Kampus ini membina 10 fakultas.

Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI)

Apabila, mengarah ke arah barat Kota Makassar, kita akan mendapati kampus perjuangan yang didirikan sejak tahun 1959 oleh para beberapa tokoh kemerdekaan.

UPRIUniversitas Pejuang Republik Indonesia. (Foto: Tagar/Ist)

Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar yang berada di Jalan Gunung Bawakaraeng, sebagai lokasi kampus 1 dan di Jalan Nipa-nipa, Antang, sebagai lokasi kampus 2.

Namun, pada tahun 2005 yang lalu, UVRI berubah nama menjadi Universitas Pejuang Republik Indonesia atau yang disingkat dengan nama UPRI, dan membina 5 fakultas.

Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Kembali ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Km 13, terdapat kampus bernama Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

UKI PaulusUniversitas UKI Paulus Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Kampus ini didirikan pada 2 September 1963 dengan membina tiga fakultas.

Universitas Islam Makassar (UIM)

Selanjutnya, kampus yang bernuasa Islami juga ada di sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya di Km 3, terdapat Universitas Islam Makassar (UIM) yang didirikan 21 Februari 1966.

UIMUniversitas Islam Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

UIM merupakan pengabungan dua sekolah tinggi yakni, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Al Gazali dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Gazali yang digabung pada tahun 2000 lalu, berdasarkan izin dari Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan membina 9 fakultas.

Tak hanya itu masih banyak lagi pilihan kampus bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di Makassar. [] PEN

Berita terkait
Kantor NasDem Makassar Dirusak, Martin: Usut Aksi Kriminal!
Martin Manurung desak aparat penegak hukum mengusut pelaku pengrusakan kantor sekretariat DPD NasDem Makassar dan pembakaran mobil ambulans.
Pelaku Pembacok Istri dan Mertua di Makassar Ditembak Mati
Pelaku yang membacok mertua dan istrinya di Kota Makassar ditembak mati polisi. Ini penyebabnya.
16 Orang Terduga Pelaku Demo Ricuh di Makassar Ditangkap
16 orang terduga pelaku demo tolak UU omnibus law di Kota makassar yang berakhir ricuh dan pembakaran mobil ambulance Partai NasDem ditangkap.
0
Berikut Nama Perguruan Tinggi di Kota Makassar
Jika anda ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Kota Makassar bisa jadi pilihan, karena di Kota ini terdapat beberapa Universitas.