Beragam Cara Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara

Umat Islam yang tersebar di berbagai negara di dunia memiliki beragam cara untuk merayakan hari kemenangan ini.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, umat Islam di seluruh dunia menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah, hari kemenangan yang sangat dinanti.

Bagi umat Islam, Idul Fitri merupakan hari berkah yang dijadikan sebagai ajang untuk bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, dan sahabat tercinta.

Umat Islam yang tersebar di berbagai negara di dunia memiliki beragam cara untuk merayakan hari kemenangan ini.

Mulai dari hidangan khas lebaran hingga cara mengucapkan Idul Fitri. 

Dilansir dari Middle East Eye, inilah cara perayaan Idul Fitri di berbagai negara.


Ghana

Saat Idul Fitri tiba, orang-orang di Ghana melaksanakan sholat Idul Fitri di mesjid. Kemudian, mereka mengucapkan ‘Ni ti yuun ‘palli’ yang berarti ‘Selamat Hari Raya Idul Fitri’.

Setelah itu, mereka makan bersama keluarga dengan hidangan lebaran khasnya yaitu jollof, nasi berbumbu yang dimasak dengan kaldu daging dan saus tomat; dan wakye, sepiring nasi dan kacang yang disajikan di atas daun pisang raja dan dinikmati dengan berbagai macam bumbu.

Setelah menyantap hidangan lebaran, mereka pergi menyaksikan pertandingan sepak bola, pertunjukan musik, dan pesta jalanan yang diadakan pada sore hari.


China

Sebelum pergi ke mesjid untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, umat Islam di China menyalakan dupa di rumahnya.

Mereka mengucapkan ‘Kaizhai jie kuaile’, yang berarti ‘Idul Fitri (festival) yang bahagia’ kepada sesama umat Islam yang merayakan lebaran.

Setelah itu, mereka pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga lalu menikmati hidangan khas lebarannya yaitu sangza, mie goreng tepung yang ditumpuk hingga berbentuk piramida dan disajikan dengan teh.

Mereka juga menikmati pertunjukan jalanan yang menampilkan atraksi penari singa, pejalan kaki panggung, dan seniman bela diri.


Rusia

Umat Islam di Rusia akan melaksanakan sholat subuh dan sholat Idul Fitri di mesjid, kemudian mengunjungi orang-orang yang lebih tua terlebih dahulu.

Mereka mengucapkan ‘Id mubarak’ yang berarti ‘Selamat Idul Fitri’ kepada sesama umat Islam yang merayakan lebaran.

Setelah itu, mereka menikmati hidangan khas Idul Fitrinya yaitu sop domba, dolma, dan manti, yaitu adonan pangsit yang diisi dengan daging.

Di Rusia, hari raya Idul Fitri merupakan hari perayaan bagi anak-anak. Mereka akan pergi bertandang membawa tas kosong, kemudian tas itu akan diisi dengan permen yang diberikan oleh keluarga yang dikunjungi.


Albania

Saat hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang di Albania berkumpul di alun-alun ibu kota dan mengucapkan ‘Gezuar Bajramin’ yang berarti ‘Saya mendoakan kebaikan untuk Anda selama Idul Fitri’.

Para anak-anak diberi baju baru dan uang. Hari pertama Idul Fitri biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga dan menikmati hidangan lebaran khas mereka yaitu byrek, kue kering yang diisi dengan keju dan bayam.


Kurdi (Irak dan Iran)

Orang-orang yang berasal dari suku Kurdi Irak dan Iran mengucapkan ‘Jazhnt Piroz’ kepada sesama umat Islam yang merayakan lebaran. Kata tersebut berarti ‘Selamat Idul Fitri’. 

Mereka melaksanakan sholat di mesjid terlebih dahulu, kemudian kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga, dan menikmati hidangan khas lebaran mereka yaitu kulicha, kue kering berisi pasta kurma berbentuk bulan sabit atau spiral. []


Baca juga:



Berita terkait
10 Link Twibbon Ucapan Selamat Idul Fitri 1443 H untuk Rayakan Lebaran 2022
Mengirim Twibbon Idul Fitri bisa menjadi pilihan bagi umat Muslim yang akan merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan Ramadan.
Pedoman Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H
Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan surat edaran terkait pedoman penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.
Cara Membuat Ketupat Lebaran, Makanan Pendamping yang Berkuah
Simak cara membuat ketupat Lebaran yang dilansir dari YouTube CR COOK berikut. Kemudian sajikan ketupat sebagai sajian pendamping makanan berat.
0
Beragam Cara Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara
Umat Islam yang tersebar di berbagai negara di dunia memiliki beragam cara untuk merayakan hari kemenangan ini.