UNTUK INDONESIA
Belanda Vs Irlandia Utara, Peluang ke Posisi Puncak
Belanda berpeluang ke puncak klasemen bila mengalahkan Irlandia Utara di laga Grup C kualifikasi EURO 2020 di Stadion De Kuip, Jumat dini hari WIB.
Belanda berpeluang ke puncak klasemen bila mengalahkan Irlandia Utara di laga Grup C kualifikasi EURO 2020 di Stadion De Kuip, Jumat 11 Oktober 2019 dini hari WIB. Tampak kapten Virgil van Dijk (menghadap lensa) merayakan gol. (Foto: uefa.com)

Jakarta - Belanda berpeluang merebut posisi puncak Grup C bila mengalahkan Irlandia Utara di pertandingan kualifikasi EURO 2020 di Stadion De Kuip, Jumat 11 Oktober 2019 dini hari WIB. Peluang ke puncak cukup terbuka karena Belanda hanya terpaut tiga poin dengan dua pesaingnya. 

Pada laga kualifikasi September lalu, Belanda tampil gemilang dengan menghajar Jerman 4-2 di kandang lawan dan kemudian membantai Estonia 4-0. Kemenangan itu menjadikan tim Oranje kembali ke jalur untuk bersaing memperebutkan tiket ke putaran final EURO 2020. 

Belanda bakal menuntaskan peluang ke puncak bia mengalahkan Irlandia Utara yang saat ini menduduki peringkat dua dengan poin 12. Sama dengan Jerman yang bertengger di puncak klasemen. Namun Die Mannschaft unggul selisih gol. 

Kami lebih baik dari lawan, baik dari segi permainan maupun kualitas. Namun itu tidak berarti ini akan menjadi pertandingan yang mudah

Pelatih Belanda Ronald Koeman tegaskan tim akan bermain habis-habisan untuk mengalahkan Irlandia Utara sekaligus merebut posisi puncak. Hanya meski diunggulkan menang, namun Koeman tegaskan tim tetap mewaspadai Irlandia Utara. 

"Kami lebih baik dari lawan, baik dari segi permainan maupun kualitas. Namun itu tidak berarti ini akan menjadi pertandingan yang mudah. Kami sudah menyaksikan bagaimana penampilan agresif dan pantang menyerah dari Irlandia Utara," kata Koeman. 

Menghadapi lawan yang tak pernah menyerah, eks bek Belanda ini tegaskan pemain harus tampil maksimal dan memiliki motivasi 100 persen untuk menghadapi rivalnya. 

"Pemain ingin tampil di EURO. Tetapi bila tidak tampil 100 persen dan tidak bermain seperti yang diinginkan, maka mereka akan memberi peluang bagi lawan. Pemain tak perlu informasi apa pun dari pertandingan ini. Merekla hanya perlu bangun untuk mengalahkan rivalnya," ujar Koeman menegaskan. 

Irlandia Utara memang bukan lawan ringan. Mereka meraih empat kemenangan berturut-turut. Rekor itu terhenti saat Irlandia Utara dikalahkan Jerman 2-0. 

Koeman tidak melakukan perubahan pada skuat. Apalagi semua pilar bisa dimainkan. Bahkan dia bisa mendapatkan skuat yang terbaik seperti posisi bek kanan, Koeman bisa memilih Denzel Dumfries atau Joel Veltman. 

Bek Virgil van Dijk pun kembali berduet dengan Matthis de Ligt yang kian matang di Juventus. Sedangkan di tengah tetap mengandalkan Frenkie De Jong dan Donny van de Beek akan menjadi kekuatan.

Di depa, striker veteran Ryan Babel akan bahu-membahu dengan Memphis Depay. Mereka ditopang bintang Liverpool Giorginio Wijnaldum. 

Pelatih Irlandia Utara Michael O’Neill tak bisa menurunkan striker Conor Washington dan bek kiri Jamal Lewis yang cedera. Sedangkan gelandang Rangers Steven David menjadi pilar kekuatan tim. 

Di atas kertas, Belanda memang diunggulkan. Bahkan bursa menempatkan tuan rumah sebagai unggulan dan diprediksi bisa menang minimal tiga gol. Pasalnya bursa nge-voor Irlandia Utara dua (0:2). 

Prakiraan Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): Cillessen- Dumfries, Blind, Van Dijk, De Ligt, De Jong, van de Beek, Wijnaldum, Babel, Bergwijn, Memphis

Irlandia Utara (4-3-3): Peacock-Farrell, McLaughlin, Cathcart, J.Evans, Dallas, McNair, Davis, Saville, C.Evans, McGinn, Lafferty

Bursa

Belanda vs Irlandia Utara 0:2 (tips Belanda) []

Berita terkait
Belanda Kalahkan Jerman, Ini Tanggapan Pelatih Koeman
Belanda sukses membalaskan kekalahan saat memenangkan laga 4-2 melawan Jerman di kualifikasi EURO 2020, Sabtu 7 September 2019 dini hari WIB.
Duo Liverpool di Tim Belanda Siap Ladeni Inggris
Bek Virgil van Dijk menyatakan telah fit dan siap memperkuat Belanda melawan Inggris di semifinal UEFA Nations League.
Nations League, Ujian Regenerasi Timnas Belanda
Pemain muda Belanda kembali bermunculan yang menandai kebangkitan De Oranje. Tim tersebut berlaga di semifinal Nations League.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung