UNTUK INDONESIA

Belajar Tatap Muka? Ingat Prinsip Pembukaan Masa Pandemi

Prinsip pembukaan pada masa pandemi jangan sampai dilupakan terkait rencana diadakannya kembali sistem pembelajaran tatap muka.
Siswa SMPN 1 Sale ketika melaksanakan pembelajaran tatap muka beberapa waktu lalu. Pemkab Rembang membolehkan sekolah lain di zona hijau menggelar pembelajaran tatap muka. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Jakarta - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan prinsip pembukaan pada masa pandemi jangan sampai dilupakan terkait rencana diadakannya kembali sistem pembelajaran tatap muka pada satuan pendidikan.

Kemungkinan itu terus dikoordinasikan Satgas Penanganan Covid-19 dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Satgas selalu berkoordinasi dengan Kemendikbud beserta kementerian dan lembaga lainnya, terkait panduan penyelenggaraan tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19," kata Wiku dalam agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

sekolah kudusSMKN 1 Kudus menggelar simulasi masuk sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat selama 12 hari ke depan. Sekolah tersebut jadi percontohan belajar tatap muka di masa pandemi. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Harus ada prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dalam berkoordinasi dengan Kemendikbud, kata dia, hal utama yang menjadi pertimbangan ialah perkembangan dan penanganan kasus positif setiap daerah.

sekolah tatap muka soloSiswa saat mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SMPN 4 Solo, belum lama ini. Jelang uji coba PTM, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melarang siswa berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan termasuk ojek online. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Oleh karena itu Satgas Penanganan Covid-19 meminta kepada pemerintah daerah untuk mengikuti arahan dan keputusan yang ditetapkan Kemendikbud terkait pembelajaran tatap muka.

"Kami ingatkan sekali lagi, prinsip pembukaan pada masa pandemi, yaitu harus ada prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta monitoring evaluasi guna menjaga keamanan masyarakat," ujar Wiku. 

Berita terkait
Wisuda saat Pandemi, SBM ITB Gunakan Teknologi Virtual Reality
Di tengah pandemi, SBM ITB menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR).
Tugas PJJ dan Akses Internet Picu Siswa di Gowa Bunuh Diri?
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan diminta berkaca menyusul kasus siswa bunuh diri diduga akibat banyaknya tugas daring PJJ.
Kisah Haru Siswi SD Belajar Online di Yogyakarta
Siswi SD pinjam HP untuk bisa sekolah online akibat pandemi Covid-19. Dia ikut mencari rezeki halal, berjualan makanan di jalan.
0
Rizieq Shihab dan Provokasi Jokowi Presiden Ilegal
Dukungan untuk OC Kaligis yang meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghentikan provokasi Rizieq Shihab termasuk provokasi Jokowi presiden ilegal.