UNTUK INDONESIA

Bekas Jerawat Bikin Gak Pede, Ini Tiga Cara Mengatasinya

Bekas jerawat di wajah sangat mengganggu, bikin gak pede. Tenang, pasti ada jalan menuju wajah halus. Ini tiga langkah direkomendasikan ahli.
Ilustrasi - Kulit halus cantik tak ada jerawat.(Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Tak ada orang yang suka wajahnya berjerawat atau ada bekas jerawat. Semua ingin wajah halus, bersih, enak dilihat, terutama bikin nyaman diri sendiri. Masalahnya ada kulit jenis tertentu dengan kondisi tertentu hingga harus menghadapi jerawat. Dan ketika jerawat sudah hilang, kadang bekasnya tidak mau hilang. Ini sangat mengganggu. Menurunkan rasa percaya diri. 

Tapi, tidak perlu putus asa. Selalu ada jalan bagi orang yang fokus pada solusi. Ahli Dermatologi di Kota New York Shereene Idriss mengatakan kepada Vogue, cara termudah untuk mengetahui apakah ada bekas jerawat atau tidak pada wajah, adalah dengan menutup mata, kemudian raba area wajah yang pernah ditumbuhi jerawat. Kalau ada perubahan tekstur artinya ada bekas jerawat di wajah.


Ilustrasi WajahIlustrasi - Kulit halus cantik tak ada jerawat.(Foto: Tagar/Pixabay)


Idris membagikan tiga langkah untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan bekas jerawat untuk menyempurnakan penampilan demi hari-hari ceria.


Langkah pertama

Hal yang paling utama adalah pencegahan. Ketika masih ada jerawat atau bekas jerawat di wajah, lakukan perawatan dengan produk perawatan jerawat. Produk khusus jerawat berfungsi untuk menghilangkan jerawat, juga membantu menyamarkan bekasnya.

Setelah jerawat tertangani, lakukan perawatan khusus untuk menyamarkan bekas jerawat. Beberapa bahan direkomendasikan untuk perawatan jerawat, yaitu bahan aktif Asam Salisilat calendula, dan polisakarida. produk ini menenangkan kulit wajah yang berjerawat, juga membuat kencang pertahanan kulit.


Ilustrasi WajahIlustrasi - Kulit halus cantik tak ada jerawat.(Foto: Tagar/Pixabay)


Langkah kedua

Efek jerawat berbeda- beda tergantung warna, misalnya pada kulit putih, bekas jerawat menjadi merah seperti terbakar sinar matahar. Pada warna gelap, bekas jerawat cenderung berwarna coklat.

Untuk menyamarkan bekas jerawat itu, perawatan paling mudah adalah dengan menggunakan serum vitamin C yang memiliki kandungan antioksidan berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas pancaran sinar matahari, menyamarkan noda jerawat dan bintik hitam, juga mencerahkan kulit.

Bisa juga menggunakan bahan aktif retinol turunan vitamin A berfungsi merangsang produksi kolagen di kulit, membantu proses menyamarkan warna kulit. Eksfoliasi menggunakan asam yang aman untuk perawatan kulit seperti glycolic acid juga berguna membuat kulit memiliki warna yang sama hingga melembutkan kulit.


Ilustrasi WajahIlustrasi - Kulit halus cantik tak ada jerawat.(Foto: Tagar/Pixabay)


Langkah ketiga

Fakta menyebalkan adalah bekas jerawat bersifat permanen. Tapi, selain dua langkah sebelumnya, ada cara cepat mengatasi masalah ini. Yaitu pergi ke dokter perawatan kulit. Terapi dengan laser, medical grade chemical peeling, hingga microneedling, adalah perawatan yang umum dilakukan dokter menangani bekas jerawat.




Berita terkait
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah pilihan bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat membandel.
Membuat Masker Alami dengan 3 Bahan, Bantu Kurangi Jerawat
Berikut tips membuat masker dari 3 bahan saja yang dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah anda.
0
Alasan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Bulan Madu ke Dubai
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah bakal segera terbang menuju Dubai untuk menjalani bulan madu seteah keduanya resmi menikah.