UNTUK INDONESIA
Begal Sadis di Makassar Ditembak Polisi
Pelaku begal sadis yang sering melukai korbannya dalam menjalankan aksinya ditangkap Polsek Tamalanrea Makassar dan Tim Pegasus Jeneponto.
Pelaku saat dirawat di RS Bhayangkara Makassar. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - Tim gabungan dari Tim Opsnal Polsek Tamalanrea bersama Tim Pegasus Polres Jeneponto melumpuhkan satu buronan begal sadis dan pencurian kendaraan bermotor saat akan ditangkap di tempat persembunyiannya di Desa Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat 28 Februari 2020, dini hari.

Buronan begal sadis ini bernama, Rustam, 28 tahun, warga Perumahan Hartaco Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Ia menjadi buruan polisi setelah melakukan aksi kejahatannya di sejumlah lokasi wilayah Kecamatan Tamalanrea bersama tiga orang rekannya.

Tiga orang korbannya ini rata-rata wanita dan pelaku kami tangkap saat diketahui bersembunyi di wilayah Kabupaten Jeneponto.

Panit II Reskrim Polsek Tamalanrea, Ipda Muh Iqbal Kosman mengatakan, Rustam bersama komplotannya sudah lama menjadi incaran petugas berdasarkan tiga laporan korbannya.

"Tiga orang korbannya ini rata-rata wanita dan pelaku kami tangkap saat diketahui bersembunyi di wilayah Kabupaten Jeneponto," kata Iqbal.

Dalam menjalankan aksinya, tutur Iqbal Rustam bersama dua orang rekannya, mereka tidak segan-segan melukai korbannya, apabila keinginannya tidak diikuti.

"Modusnya mereka mengintai korban dan setelah kondisi jalan sudah sepi mereka langsung melancarkan aksinya. Dalam menjalankan aksinya mereka ini tergolong sadis," bebernya.

Namun, terang Iqbal saat Rustam di bawa untuk dilakukan pengembangan dan penunjukkan lokasi aksinya tiba-tiba buronan begal tersebut mencoba melarikan diri dengan mendorong salah satu petugas ke saluran air sehingga nyaris saja Rustam berhasil lolos dari tangkapan pihak kepolisian.

Tetapi, percobaan melarikan diri tersebut akhirnya terhenti setelah pihak kepolisian memberikan tindakan tegas yang melumpuhkan pergerakan dari Rustam dan membawanya ke RS Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis.

"Dia dorong anggota hingga jatuh ke saluran air, kemudian kami berikan tembakan peringatan tetapi tidak diindahkan sehingga kami melumpuhkan yang bersangkutan," terangnya.

Berdasarkan keterangan pelaku, bahwa dirinya telah melakukan serangkaian aksi pencurian wilayah Kecamatan Tamalanrea, bersama tiga orang rekannya yakni, EM, IG dan RS.

"Dalam menjalankan aksi, Rustam sering berganti peran, kadang jadi eksekutor dan kadang menjadi joki. Barang bukti yang kami amankan satu unit handphone milik korban," pungkasnya.

Setelah menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara Makassar, Rustam selanjutnya di bawa ke Mapolsek Tamalanrea guna pemeriksaan lebih lanjut. []

Berita terkait
Satu Pelaku Begal di Mamuju Sulbar Ditangkap
Salah satu pelaku pembegalan di Mamuju Sulawesi Barat ditangkap. Kini pelaku lainnya sedang diburu polisi
Tenggak Miras dan Koplo, ABG Demak Begal Pemotor
Kelompok ABG asal Demak ini sadis saat membegal pemotor yang melintas di Karangawen. Ternyata mereka menenggak miras dan pil koplo lebih dulu.
Polisi Memburu Pelaku Begal di Mamuju
Kasus pembegalan yang terjadi di Mamuju Sulawesi Barat kini sedang didalami kepolisian untuk memburu para pelaku.
0
Tes Swab Anggota DPRD Sumut Ini Negatif Covid-19
Anggota DPRD Sumatera Utara, Ebenejer Sitorus, menjadi pasien suspek Covid-19.