UNTUK INDONESIA
Bawa Isu Lingkungan, Umar Haen Rilis Lagu Setan Kali
Solois Umar Haen kembali merilis single terbaru berjudul Setan Kali melalui video YouTube pada 15 Agustus 2020 lalu.
Umar Haen. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Solois Umar Haen kembali merilis single terbaru berjudul Setan Kali melalui video YouTube pada 15 Agustus 2020 lalu. Penyanyi muda asal Temanggung, Jawa Timur, itu mengaku terinspirasi menulis lagu tersebut saat memancing ikan di sungai sewaktu menjalani pembatasan aktifitas sosial akibat pandemi Covid-19.

Meski judulnya terkesan seram dan berbau horor, tembang berjudul Setan Kali tidak bercerita mengenai pengalaman gaib atau supranatural. Apa yang dituangkan Umar Haen melalui lirik lagu tersebut, justru mengangkat isu pencemaran lingkungan yang ia temui di lingkungan tempat tinggalnya.

"Sejak pandemi, menurutku kegiatan mancing itu jadi makin relevan. Saya bisa berjemur sendirian sambil mencukupi kebutuhan protein harian. Tapi kadang malah bikin stress sih, karena bukannya dapat ikan malah dapatnya yang lain," kata Umar Haen dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Umar menuturkan, ia kerap menemukan berbagai jenis sampah yang mengambang di sungai sewaktu ia sibuk melempar joran ke permukaan air. Bahkan ia mengaku pernah menyaksikan sendiri rekannya tertimpa bungkusan plastik berisi sampah popok yang dibuang sembarangan oleh warga tak bertanggung jawab.

Pengalaman miris tersebut, kemudian menjadi inspirasi bagi Umar Haen dalam menulis lirik lagu. Segala kegelisahan mengenai isu kebersihan lingkungan ia garap dan ia sajikan dalam bentuk balutan petik gitar akustik dan suaranya yang parau.

Umar HaenUmar Haen. (Foto: Tagar/Istimewa)

Demi memperkaya suara musik di lagunya, Umar Haen menggandeng Setyawan Agung yang membantunya mengisi tembang Setan Kali dengan gesekan cello yang apik.

Proyek musik ini adalah kolaborasi pertama mereka dan dieksekusi tanpa banyak sesi latihan. Sesi rekaman, mixing, dan mastering dilakukan di DS Record Studio, Yogyakarta dengan melibatkan Seto Brahmana sebagai audio engineer.

Saat ini, klip video lagu Setan Kali sudah bisa disaksikan di saluran YouTube Umar Haen. Video dengan konsep jenaka itu digarap sutradara Titah AW dan menggandeng seorang koreografer muda asli Banyumas, Otniel Tasman, sebagai model. []


Berita terkait
Burgerkill Rilis Album Killchestra dalam Bentuk CD
Grup band metal asal Bandung, Burgerkill, merilis mini album Killchestra dalam format cakram padat alias CD pada Selasa, 18 Agustus 2020.
Siapkan Album The Best, Powerslaves Rekam Ulang Lagu Impian
Grup band rock Powerslaves, merilis ulang lagu milik mereka yang berjudul Impian sebagai persiapan peluncuran album The Best.
HUT ke-75 RI, God Bless Rilis Lagu Untuk Indonesiaku
Grup musik rock legendaris God Bless, merilis single terbaru berjudul Untuk Indonesiaku, tepat pada peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.