Batang Siwak Menyehatkan Gigi dan Mulut, Ini Penjelasannya

Batang siwak berasal dari pohon Salvadora Persica telah dimanfaatkan sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno.
Batang Siwak (Foto: Tagar/Pixabay/Fajar Ramadhan Al Hadis)

Jakarta - Sejak zaman dahulu, manusia sudah memperdulikan kebersihan mulut dan gigi mereka dengan alat yang berasal dari alam. Sebelum ditemukan sikat gigi, siwak diyakini mampu membersihkan gigi mereka.

Batang siwak berasal dari pohon Salvadora Persica telah dimanfaatkan sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno. Kata siwak atau miswak dalam Bahasa arab memiliki arti ranting. Pohon siwak masuk ketegori tumbuhan semak belukar, banyak ditemui di wilayah Timur Tengah.

Manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut memang sudah tak diragukan lagi. Kegiatan mengunyah siwak umum dilakukan oleh beberapa negara jazirah Arab di zaman modern ini.

Kandungan yang terdapat dalam siwak antara lain: alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride dan bahan alami seperti vit C, kalsium, sulphur, essential oil, dan tannin.

Berikut ini manfaat menggunakan siwak untuk kebersihan gigi.

Mencegah gigi berlubang, menyegarkan nafas, merawat kekuatan gigi, melindungi gusi, mencegah timbulnya plak pada gigi, dan membunuh bakteri radang gusi.

Fenomena penggunaan siwak ini membuat (WHO (World Health Organization) menyetujui siwak sebagai agen oral hygen.

Cara pakai siwak cukup mudah, kupas ujung batang siwak 1 cm, kunyak ujung siwak hingga berbentuk bulu, kemudian rendam siwak dalam air, dan gunakan siwak seperti anda menggosok gigi dengan sikat gigi pada umumnya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Sejarah Awal Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON)
Pekan Olahraga Nasional (PON) ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diadakan setiap 4 tahun sekali, PON I di Solo pada 9 September 1948
Wajib Dikunjungi, 5 Destinasi Bersejarah di Kota Suci Makkah
Kota Makkah adalah salah satu tempat yang lama ditinggali Nabi Muhammad SAW sebelum akhirnya beliau hijrah ke Madinah.
Kejadian Aneh dan Sejarah Curug Koneng yang Mistis
Tim SAR juga mengakui sebelumnya juga ada kejadian aneh yang tidak masuk akal terkait penemuan pendaki yang hilang di Curug Cikoneng.
0
Batang Siwak Menyehatkan Gigi dan Mulut, Ini Penjelasannya
Batang siwak berasal dari pohon Salvadora Persica telah dimanfaatkan sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno.