UNTUK INDONESIA
BATAN: BJ Habibie Putra Terbaik Bangsa
Badan Tenaga Nuklir Nasional menilai Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie adalah sosok kebanggaan Indonesia.
Mantan presiden BJ Habibie menunjukan foto dirinya bersama pesawat hasil karyanya N-250 \\'Gatotkaca\\' usai membuka pameran foto \\'Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri\\' di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menilai Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie adalah sosok kebanggaan Indonesia. 

"Kita semua berduka kehilangan salah satu putra terbaik bangsa Indonesia yang memiliki reputasi di tingkat dunia," ujar Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan di Jakarta, Rabu, 11 September 2019, seperti diberitakan Antara

 Habibie telah mewariskan semangat membangun bangsa.

Anhar mengungkapkan Habibie telah mewariskan semangat membangun bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat Indonesia, terutama generasi muda.

"Beliau (Habibie) telah memiliki jasa besar baik dalam bidang iptek semasa menjadi Menristek (menteri riset dan teknologi) atau kepala BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), juga dalam bidang demokrasi saat menjadi presiden di awal era reformasi. Semoga beliau husnul khotimah," kata Anhar.

Sebelumnya, putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie mengonfirmasi penyebab Presiden Ketiga Republik Indonesia itu tutup usia karena faktor usia.

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi," kata Thareq Kemal Habibie.

Anak kedua BJ Habibie itu mengatakan Habibie tutup usia di umur 83 tahun pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

"Sampai titik terakhir saya masih ada di situ tapi hari ini pada tanggal 11 September 2019 jam 18.05, Presiden RI Ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, sudah meninggal," ujar Thareq.[]  

Baca juga:

Berita terkait
BJ Habibie Inspirasi Generasi Muda Indonesia
Thomas mengingat bagaimana Habibie mendorong orang-orang muda, termasuk yang ada di Lapan, untuk terus memajukan dan menguasai teknologi.
Sosok BJ Habibie di Mata Pejabat Pemkot Makassar
Penjabat (PJ) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengomentari meninggalnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Dia merasa kehilangan suri teladan.
BJ Habibie Dimakamkan di Kaveling 114 di Samping Ainun
Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dalam usia 83 tahun.
0
Polda Banten Pastikan Pilkades di Lebak Kondusif
Pastikan Pilkades aman, Polda Banten melakukan pengecekan di 10 desa dalam tujuh Kecamatan yang menggelar Pilkades serentak.