UNTUK INDONESIA
Barcelona vs Liverpool, Susunan Tim dan Prediksi
Liverpool bukan lawan mudah bagi Barcelona. Ini yang menjadikan Barca memperhitungkan rivalnya di pertandingan Liga Champions.
Bintang Barcelona Lionel Messi (kiri) akan berduel dengan andalan Liverpool Mohamed Salah di pertandingan pertama semifinal Liga Champions di Stadion Nou Camp, Kamis, 2 Mei 2019, pukul 02.00 WIB. (Foto: liverpoolfc.com)

Jakarta - Lawan tak mudah bagi Barcelona. Liverpool tetap harus diperhitungkan dalam duel pertama semifinal Liga Champions di Stadion Nou Camp, Kamis, 2 Mei 2019, dinihari WIB. Meski Barca diunggulkan, namun Liverpool bisa membuat kejutan di pertandingan yang dimulai pukul 02.00 WIB. 

Di laga besar ini, Barca siap tampil maksimal. Tidak ada pemain yang cedera sehingga pelatih Ernesto Valverde bisa menurunkan skuat terbaik. Mereka juga dalam kondisi bugar karena banyak yang tidak bermain penuh saat Barca mengalahkan Levante 1-0 di pertandingan La Liga Spanyol. Kemenangan yang mengantarkan Barca meraih titel juara liga. 

Ini juga mendongkrak kepercayaan diri Barca saat menghadapi Liverpool. Tim lebih fokus untuk melakoni pertandingan di Liga Champions. Apalagi mereka juga berambisi meraih treble untuk ketiga kalinya. Setelah memenangi La Liga, Blaugrana mengincar trofi Liga Champions dan Copa del Rey. 

Skema dari Valverde tak berubah. Dengan pakem 4-3-3, Gerard Pique akan berduet dengan Clement Lenglet di bek tengah. Sedangkan Sergi Roberto dan Jordi Alba di sisi kanan dan kiri. Mereka membentengi kiper Marc-Andre ter Stegen yang mencapai performa terbaik musim ini.

Di tengah kembali dilakukan perubahan. Sebelumnya, Arturo Vidal mendapat lebih banyak kesempatan bermain. Meski performanya tidak mengecewakan, namun Valverde tetap lebih mempercayakan Arthur bersama Ivan Rakitic dan Sergio Busquets di sektor tengah.

Valverde akan memberi kesempatan kepada duo eks Liverpool, Philippe Coutinho dan Luis Suarez, untuk mendobrak pertahanan The Reds. Pengalaman mereka bersama Liverpool setidaknya bisa membantu Barca mencetak gol. Dan, the last but least, sang kapten Lionel Messi yang masih penasaran dengan klub Liga Premier Inggris satu ini. Pasalnya, dia belum pernah membobol gawang si Merah. 

Roberto Firmino 

Kondisi pemain depan Roberto Firmino menjadi isu karena dia diragukan tampil setelah absen saat Liverpool menghancurkan Huddersfield Town 5-0. Namun manajer Juergen Klopp memastikan dia bisa dimainkan. 

Dengan formasi sama 4-3-3, Firmino akan bahu-membahu dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk membongkar pertahanan Barca. Kecepatan trio lini depan bisa membuat Pique dkk bekerja ekstrakeras. 

Di tengah, Fabinho kembali menjadi pilihan pertama bersama Georginio Wijnaldum dan Jordan Henderson. Dia akan menjadi pemain pertama yang menghadapi Messi. Dan ini bisa menjadi kunci permainan kedua tim. Gelandang Naby Keita bakal duduk di bangku cadangan. Sedangkan Alex Oxlade-Chamberlain masih belum sepenuhnya siap dimainkan melawan Barca. 

Di belakang, Virgil van Dijk yang berduet dengan Joel Matip akan bertugas mematikan Messi. Mereka didukung full-backs Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson. Dan, Alisson akan berdiri di bawah mistar.

Barca yang memiliki rekor cemerlang saat tampil di kandang sendiri di Liga Champions tetap diunggulkan di laga tersebut. Peluang hanya menang satu gol menunjukkan Liverpool bukan lawan ringan. Pasalnya, di bursa Liverpool hanya di-voor 1/2 (setengah). 

Liverpool tetap berpeluang membalikkan bursa. Mereka juga memiliki motivasi tinggi untuk meraih trofi di Liga Champions dan Liga Premier. Apalagi, tim juga sedang on fire. Persaingan dengan Manchester City di kompetisi domestik menjadikan mereka selalu siap di setiap pertandingan. []

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Arthur; Messi, Suarez, Coutinho

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Bursa

Barcelona vs Liverpool 0:1/2 (tips Barcelona)

Baca juga: 

Berita terkait
0
Pidato Presiden Jokowi Hadirkan Optimisme
Pidato Jokowi dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden menghadirkan optimisme bagi bangsa dan negara.