UNTUK INDONESIA
Barcelona Prioritaskan Perpanjangan Kontrak Messi
Barcelona berupaya memperpanjang kontrak kapten Lionel Messi yang memiliki klausul bisa meninggalkan klub di setiap akhir musim.
Barcelona berupaya memperpanjang kontrak kapten Lionel Messi yang memiliki klausul bisa meninggalkan klub di setiap akhir musim. (Foto: marca.com)

Jakarta - Barcelona berupaya memperpanjang kontrak kapten Lionel Messi. Bahkan klub memprioritaskan pembahasan kontrak baru dengan Messi. 

Messi sangat berarti bagi Barca. Bahkan ketergantungan terhadap peraih Golden Boot enam kali itu kian kuat justru saat sang pemain sudah berusia di atas kepala tiga. 

Selama 16 tahun menghabiskan karier profesional dan tidak pernah meninggalkan Barca, Messi memang sudah menjadi legenda di Nou Camp. Ini yang menjadikan Barca mengutamakan pembicaraan kontrak dengan kapten tim nasional Argentina ini. 

Tetapi saya tahu presiden klub sudah melakukan pembicaraan dengan perwakilannya dan sudah memasuki tahap akhir. Saya berharap dia bertahan selama beberapa tahun lagi

Direktur olahraga Barca Eric Abidal menyatakan bila Messi memiliki opsi meninggalkan klub di setiap akhir musim. Namun Barca juga berupaya mempertahankan pemain berusia 32 ini. 

"Dia (Messi) adalah pemain kunci kami. Namun dia juga punya opsi pergi di setiap akhir musim," kata Abidal seperti dikutip Marca

"Tetapi saya tahu presiden klub sudah melakukan pembicaraan dengan perwakilannya dan sudah memasuki tahap akhir. Saya berharap dia bertahan selama beberapa tahun lagi," ujarnya.

Mantan pemain Barca ini juga menyatakan bila Messi tetap memprioritaskan klub. Dirinya juga menunjukkan sikap loyal dengan komitmen pada satu klub. 

"Dia selalu mengatakan bila Barcelona itu yang pertama dan terutama. Dia memang yang terbaik," ujar Abidal lagi. 

Kontrak pemenang lima gelar Ballon d'Or tersebut dengan Barca memang baru akan selesai pada 2021. Namun Abidal berharap sebuah kesepakatan baru bisa dituntaskan yang memastikan Messi bakal pensiun di Nou Camp. 

Bulan November ini merupakan tahun yang ke-16 saat dirinya masuk skuat senior atas rekomendasi pelatih Barca saat itu, Frank Rijkaard. Hanya, dia harus menunggu tahun berikutnya untuk melakukan debut.

Sejak itu pemain berjuluk La Pulga itu mengukir berbagai rekor dan prestasi. Dia telah mencetak 600 gol dalam 698 penampilan, memenangkan 34 trofi klub termasuk 10 gelar La Liga, empat Liga Champions dan enam Copa del Rey.

Messi juga telah memperpanjang kontraknya delapan kali sejak 2005. Dia terakhir kali menandatangani kontrak pada November 2017 dengan gaji s580.000 euro dalam sepekan (sekitar Rp 9,02 miliar). Ini menjadikannya pemain dengan gaji tertinggi di La Liga Spanyol. Kontrak tersebut juga termasuk klausul rilis sebesar 700 juta euro (sekitar Rp 10,8 triliun), 

Musim ini sejak kembali bermain setelah pulih dari cedera, dia sudah memenangkan delapan dari 10 pertandingan Barca di semua kompetisi dan sudah mencetak sembilan gol. []

Berita terkait
Duet Barca Messi-Suarez Kembali, Griezmann Terabaikan
Duet Lionel Messi dan Luis Suarez kembali meneror pertahanan lawan. Bagaimana dengan Antoine Griezmann?
Barca Menang, Valverde Kehabisan Kata untuk Messi
Lionel Messi kembali berkontribusi penting saat Barcelona menang 5-1 atas Valladolid di La Liga. Pelatih sampai kehabisan kata memuji Messi.
Barca Tanpa Suarez, Messi Berdamai dengan Griezmann
Lionel Messi berdamai dengan tandemnya Antoine Griezmann menyusul absennya Luis Suare saat Barcelona menghadapi Slavia Prague diLiga Champions.
0
Gaya Main Paul Gilbert Terpengaruh Gitaris Indonesia
Paul Gilbert, menyebut bahwa sosok pemain gitar yang paling meng-influence gaya permainannya adalah seorang gitaris berdarah Indonesia.