UNTUK INDONESIA
Banyumas Sukses Bikin Hand Sanitizer Berbahan Ciu
Hand sanitizer berbahan alkohol dari cui produksi Desa Wlahar dibagikan gratis kepada masyarakat.
Bupati Banyumas Achmad Husein saat membagikan hand sanitizer di Alun-alun Purwokerto pada Sanin, 23 Maret 2020. (Foto: Tagar/Abdul Wahid)

Banyumas - Bupati Banyumas Achmad Husein berhasil membuat sendiri hand sanitizer berbahan ciu. Hand sanitizer berbahan alkohol dari cui produksi Desa Wlahar ini dibagikan secara gratis ke masyarakat.  

"Hand sanitizer buatan sendiri, dibantu ajudan. Pakai ciu yang telah diolah sehingga memiliki kadar alkohol hingga 96 persen," kata dia di sela pembagian hand sanitizer di kawasan Alun-alun Purwokerto, Senin, 23 Maret 2020.

Hand sanitizer buatan sendiri, dibantu ajudan. Pakai ciu yang telah diolah sehingga memiliki kadar alkohol hingga 96 persen.

Achmad Husein pun membeberkan komposisi hand sanitizer racikannya. "Komposisinya alkohol 85 persen, hidrogen peroksida lima persen, gliserol 1,5 persen ditambah pewangi dan sisanya air," ujar dia. Di produksi awalnya ini, Bupati Husein mampu membuat 400 botol hand sanitizer dan dibagikan secara cuma-cuma. 

"Tidak untuk dijual, ya karena beberapa waktu terakhir, seiring merebaknya virus corona, barang ini sulit didapat, alkoholnya juga sulit. Sehingga muncul ide untuk buat hand sanitizer dari alkohol produksi Wlahar," ucap dia. 

Dalam kesempatan itu, Achmad Husein kurang sepakat jika hand sanitizer buatannya disebut berbahan ciu. Ia lebih suka disebut berbahan alkohol Wlahar. Sebab selama ini konotasi ciu terlanjur jelek di benak masyarakat. 

"Dibuat mendem dan segala macam yang negatif. Sering di-bully sehingga memunculkan kesan negatif pada saya," ujarnya.

Achmad Husein menambahkan karena keterbatasan botol, ia baru bisa membuat dalam jumlah tak terlalu banyak. Namun dalam waktu dekat dirinya segera membuka posko isi ulang hand sanitizer di sekitar Alun-alun Purwokerto. 

"Agar masyarakat yang membutuhkan dapat isu ulang dengan membawa botol sendiri, silakan, nanti dibantu petugas di posko," ujar dia. []

Baca Juga:

Berita terkait
Ciu Banyumas Disiapkan untuk Bahan Hand Sanitizer
Bupati Banyumas Achmad Husein sudah memesan alat yang bisa meningkatkan kadar alkohol di ciu. Alkohol di ciu akan dijadikan bahan hand sanitizer.
Dampak Corona, Hotel di Banyumas Rumahkan Karyawan
Langkah efisiensi dilakukan hotel di Banyumas untuk mengurangi kerugian dampak virus corona. Salah satunya dengan merumahkan karyawan.
Stasiun Purwokerto Cegah Virus Corona Masuk Banyumas
Dinkes dan KAI siaga mencegah virus corona masuk Banyumas. Posko kesehatan didirikan di Stasiun Purwokerto.
0
‎Ramainya Tempat Ngabuburit di Kota Tegal saat PSBB
Hingga hari kedelapan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal tidak berjalan efektif.