Banyak yang Belum Tau! Inilah Untung Rugi Investasi Perak

Perak membutuhkan perawatan yang tidak mudah agar tetap bersinar karena karakter perak yang mudah kusam atau terlihat kehitam-hitaman.
Cincin perak (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dari banyaknya jenis investasi, investasi perak memang masih belum familiar. Ya, jika dibandingkan dengan emas atau jenis logam mulia lainnya, perak memang seperti dianak-tirikan.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi, memang sebaiknya para calon investor memahami resiko investasi dari setiap jenis investasi yang akan dipilih.

Bisa jadi, Anda juga awalnya atau saat ini memiliki tanggapan yang sama tentang investasi perak. Tapi, coba perhatikan kelebihan dan kekurangan investasi perak seperti dibawah ini;

Kelebihan Investasi Perak

Ada beberapa kelebihan investasi perak yang belum diketahui banyak orang, diataranya adalah sebagai berikut;


Harga perak lebih rendah

Jika dibandingkan dengan emas, tentu harga perak jauh lebih rendah. Oleh sebab itu, harga perak lebih terjangkau.


Modal investasi kecil dan aman

Sebagaimana sudah disebut diatas, karena harga perak yang rendah maka tidak membutuhkan modal investasi yang besar.


Harga stabil bahkan cenderung naik

Ini yang belum dipahami banyak investor bahwa harga perak selalu stabil layaknya harga emas bahkan cenderung terus naik. Ada beberapa hal yang menyebabkan harga perak stabil bahkan cenderung naik seperti;

- Pasar global perak lebih kecil oleh karenanya harganya akan sulit dimanipulasi

- Bank-bank sentral dunia juga tidak berminat untuk menstabilkan harga perak karena mereka lebih tertarik pada pemegang emas

- Perak merupakan komoditas pendamping emas, oleh sebab itu harganya akan selalu mengikuti harga emas baik naik atau turun

- Presentasi lonjakan harga kenaikan perak di pasar komoditas bija jauh lebih tinggi bahkan sering lebih tinggi dengan prosentasi tiga kali lipat dibandingkan dengan emas.


Kerugian Investasi Perak

Tapi, ada juga beberapa kerugian invests perak yang perlu Anda perhatikan seperti sebagai berikut;


Harga Perak tidak Terpengaruh Ekonomi Perak

Pergerakan ekonomi perak yang ada di pasaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pergerakan harga perak, dan tentu berbeda dengan emas.


Masih sepi peminat

Investasi perak belum dikenal banyak orang sehingga masih terlihat meragukan keuntungannya.


Tempat pembelian dan penjualan terbatas

Tempat untuk membeli dan menjual perak masih terbatas bahkan lokasinya masih susah ditemui. Anda bisa membandingkan antara jumlah toko emas dan perak di kota Anda.


Perak membutuhkan perawatan

Perak membutuhkan perawatan yang tidak mudah agar tetap bersinar karena karakter perak yang mudah kusam atau terlihat kehitam-hitaman.

Itulah untuk dan ruginya, berinvestasi pada logam mulia pasti memiliki resikonya masing-masing, namun jika Anda bisa mendapatkan informasi yang tepat tentang investasi logam mulia maka resiko investasinya juga bisa berkurang.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Seberapa Penting Rencana Keuangan? Ini Penjelasannya
Ada juga beberapa orang yang berjuang untuk mewujudkan tujuan keuangannya.
Mengenal Karakteristik Bearish dan Bullish Dalam Pasar Modal
Keduanya adalah sebutan yang kerap digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar.
Ini 5 Platform Beli Reksa Dana dengan Modal 100 Ribu
Salah satunya mempersiapkan masa depan yang lebih cerah dengan investasi. Zaman sekarang, investasi bukan hanya untuk kalangan atas.
0
Banyak yang Belum Tau! Inilah Untung Rugi Investasi Perak
Perak membutuhkan perawatan yang tidak mudah agar tetap bersinar karena karakter perak yang mudah kusam atau terlihat kehitam-hitaman.