UNTUK INDONESIA
Banjir Kepung Jakarta, PLN Matikan 133 Gardu Listrik
PLN melakukan pemadaman sebanyak 133 gardu listrik di wilayah yang mengalami banjir di Jakarta pada Sabtu, 8 Februari 2020.
Banjir melanda Kemang, Jakarta Selatan sejak 03.58 WIB, Sabtu 8 Februari 2020. Ketinggian air di wilayah itu mencapai 30 centimeter. (Foto: Twitter/@TMCPoldaMetro)

Jakarta - Executive Vice President Corporate Communication dan CSR Perusahaan Listrik Negara (PLN), I Made Suprateka mengatakan, pihaknya melakukan pemadaman sekitar 133 gardu listrik di 92 titik di wilayah, serta lingkungan dan kawasan yang mengalami banjir di Jakarta pada Sabtu, 8 Februari 2020.

"Kami mohon maaf dan pengertian warga untuk daerah yang terdampak pemadaman listrik disekitar atau dekat lokasi banjir, hal ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan warga yang terdampak banjir," kata Made dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 8 Februari 2020..

Melansir situs resmi PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, terdapat sekitar 133 gardu listrik yang telah dilakukan pemadaman. Pemadaman garu tersebut berimbas ke sejumlah wilayah meliputi kawasan Cinere, Pasar Minggu‎, Tanjung Barat, Rawa Jati, Kalibata, Condet, Jatinegara, Kampung Pulo, Kebon Pala, Manggarai.Rawasari, Pulomas, Cempaka Putih, Sunter, Kelapa Gading‎, Kayu Putih, Tanah Tinggi, Pulo Gadung, Cakung, Bintara dan Angke.

Hingga pukul 18.00 sore, sejumlah gardu telah kembali diaktifkan, hanya tinggal 6 gardu listrik di kota Jakarta yang masih dipadamkan dan berimbas ke sejumlah titik meliputi kawasan Rawajati, Masnaga Bintara, Bizzpark Cakung, Jl. Raya Bekasi, Jl. Terusan Cakung Cilincing dan Perumahan Gading Ayu.

Selain itu, PLN juga mengimbau kepada masyarakat yang rumah atau kantornya terdampak banjir untuk mematikan Miniature Curcuit Breaker (MCB) demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka juga disarankan untuk mencabut seluruh perlengkapan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak untuk meminimalisir potensi terjadinya korsleting.

Warga juga diimbau untuk menaikkan posisi alat-alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, mereka diminta untuk segera menghubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat dan meminta aliran listrik untuk dipadamkan.

Baca juga: Tak Hanya Jakarta, Banjir Juga Melanda Banyak Kota

Setelah banjir surut, warga juga diminta untuk memastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jarungan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik. []

Berita terkait
Banjir Jakarta Sebabkan Tanah Longsor di Kalimalang
Banjir di Jakarta Timur bahkan sempat menyebabkan tanah longsor di salah satu titik terdampak di kawasan Kalimalang.
Jakarta, Depok dan Bekasi Banjir Imbas Hujan Deras
Hujan deras turun sejak Sabtu dini hari, 8 Februari 2020. Akibatnya banjir melanda sejumlah titik di wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi.
Pemkot Tangerang Klaim Banjir di Periuk Surut Jumat
Pemkot Tangerang gelar jumpa pers terkait penangan banjir di Kec Periuk, dikatakan banjir surut pada hari Jumat, 7 Februari 2020
0
Virus Corona, Viking Sun Tertahan di Laut Semarang
Kapal pesiar Viking Sun belum dibolehkan bersandar di Semarang. Kenapa?