Balas Dendam Atalanta atas Liverpool di Anfield

Atalanta membalaskan dendam atas kekalahan mereka dengan meraih kemenangan bersejarah. Atalanta sukses mengalahkan Liverpool di Liga Champions.
Atalanta mencetak sejarah saat menang 2-0 atas Liverpool di pertandingan Grup D Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis, 26 November 2020 dini hari WIB. Pemain Atalanta saat merayakan gol di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/ChampionsLeague)

Jakarta - Atalanta membalaskan dendam atas kekalahan kandang mereka dengan meraih kemenangan bersejarah di Liga Champions. Mereka menang 2-0 atas Liverpool di pertandingan Grup D di Stadion Anfield, Kamis, 26 November 2020 dini hari WIB.

Atalanta berhasil merampas 3 poin dari Anfield. Kemenangan ini membuat La Dea masih memiliki harapan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.  

Meski kalah, Liverpool masih berada di puncak klasemen Grup D dengan 9 poin. Disusul Atalanta dan Ajax Amsterdam yang sama-sama memiliki poin 7. Hanya, klub Serie A Italia ini masih kalah selisih gol sehingga Ajax yang bertengger di peringkat 2.

Kami bermain bagus di belakang dan merepotkan mereka di depan. Kami mencetak 2 gol dan pantas menang

Di laga ini, Liverpool gagal menunjukkan performa maksimal dan kehilangan kreativitas seperti saat bermain di Bergamo, di kandang Atalanta. Absennya pemain kunci, termasuk kapten Jordan Henderson dan Thiago Alcantara membuat penampilan tim Liga Premier Inggris ini tak lagi istimewa.

Sebaliknya, Atalanta melakukan perubahan taktik dengan membangkucadangkan Duvan Zapata dan Luis Muriel. Pelatih Gian Piero Gasperini justru menurunkan Josip Ilicic dan Papu Gomez sebagai penyerang dalam permainan 3-5-2. 

Perubahan tersebut ternyata berhasil. Atalanta mampu meredam permainan ofensif Liverpool. 

Atalanta Harus Kerja Keras

Hanya, Atalanta harus bekerja keras menghadapi tuan rumah. Apalagi, The Reds juga menunjukkan performa maksimal. Selama 45 menit pertama, mereka bermain imbang tanpa gol. 

Situasi berubah di babak ke-2. Atalanta bermain lebih agresif dan berhasil menciptakan 2 gol dalam tempo 4 menit. 

Kapten Papu Gomez memainkan peran kunci dalam terciptanya kedua gol. Kemenangan Atalanta dibuka Josep Ilic setelah satu jam pertandingan. Dia mencetak gol di menit 60. 

Belum hilang keterkejutan pemain Liverpool, gawang Alisson Becker kembali kebobolan menit 64. Kali ini gol dihasilkan Robin Gonsens.

Sko 2-0 untuk Atalanta. Mereka pun mengakhiri laga dengan kemenangan. Ini adalah pertama kalinya Liverpool kalah 2-0 di Anfield di ajang Liga Champions sejak Oktober 2014. 

Gosens menuturkan timnya tampil maksimal dan bertahan dan menyerang. Menurut dia Atalanta pantas menang di laga tersebut. 

Tak hanya itu, mereka mampu membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama. Di kandang sendiri, Atalanta dibantai Liverpool 5-0.

Baca juga: 

Jadwal Liga Italia, Juventus dan Atalanta Coba Tempel Milan

Lazio Vs Atalanta, Kemenangan ke-100 Gasperini

"Kami bermain bagus di belakang dan merepotkan mereka di depan. Kami mencetak 2 gol dan pantas menang," kata Gosens seperti dikutip laman UEFA.

"Kami tidak hanya meraih hasil yang penting tetapi juga menaikkan kepercayaan diri kami," ucap dia. []

(Erwin Nugraha)

Berita terkait
Jota Cetak Rekor, Liverpool Kalahkan Leicester City
Striker Diego Jota mencetak rekor saat Liverpool mengalahkan Leicester City. Liverpool pun naik ke peringkat 2 membayangi Tottenham Hotspur.
Juergen Klopp Sesumbar Ampuhnya Trisula Lini Depan Liverpool
Kemenangan besar Liverpool atas Atalanta di Liga Champions membuat manajer Juergen Klopp semringah. Klopp sesumbar lini depan Liverpool yang ampuh.
Atalanta Vs Liverpool: Hat-trick Diogo Jota di Pesta 5 Gol
Bintang anyar Liverpool Diogo Jota cetak hat-trick saat menghajar Atalanta di Liga Champions. Ini jadikan Liverpool kian kukuh di puncak klasemen.
0
Penjelasan Kementerian ATR/BPN Soal Reforma Agraria
Reforma Agraria adalah program Pemerintah untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.