UNTUK INDONESIA
Bahas Virus Corona, UAS Curhat Sedih ke Aa GYM
Ustaz Abdul Somad (UAS) mencurahkan hatinya (curhat) sedih kepada Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Keduanya membahas virus corona.
Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/ustadzabdulsomad_official/)

Jakarta - Mubalig kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) mecurahkan hatinya (curhat) kepada Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym terkait dampak virus corona atau Covid-19. Dia mengaku sedih dengan agenda tablignya yang batal lantaran Covid-19. Apalagi, panitia acara telah mempersiapkannya jauh-jauh hari meski akhirnya tablig mendadak tidak jadi digelar.

"Saya merasakan apa yang dirasakan sahabat-sahabat panitia yang lama mempersiapkan, seperti di Banten, sampai membuat umbul-umbul untuk menyambut kajian, tausyiah, tiba-tiba batal. Itu yang berat saya rasakan mereka, itu yang membuat saya sedih," kata UAS dalam program dialog via telekonferensi bersama Aa Gym di akun YouTube Aagym Official.

Pendakwah kelahiran Silo Lama, Sumatera Utara ini kemudian mendoakan para pantia. Dia berdoa agar kesedihan pantia digantikan dengan amal saleh. "Niat mereka sudah sampai," ujarnya.

Bulan April tahun lalu saya sudah lockdown.

Selama wabah corona, UAS mengisi kesibukan sehari-hari di rumah. Salah satunya dengan membaca kitab. "Seperti biasa, berjemur, jalan, menulis, membaca, persiapan untuk (live) streaming malam," tuturnya.

Namun UAS mengaku telah terbiasa dengan aktivitas seperti ini. Dia bilang, kegiatan dalam lingkungan rumah telah dia jalani sejak tahun lalu meski masih meluangkan waktu berceramah di luar. "Bulan April tahun lalu saya sudah lockdown," katanya.

Namun dia baru benar-benar meninggalkan dakwah di tempat-tempat umum sejak 16 Maret 2020. Mulai hari itu, ustaz 42 tahun ini tidak lagi mengisi ceramah yang mengundang keramaian lantaran mengikuti pemerintah.

"Saya Abdul Somad, mulai tanggal 16 Maret tidak mengisi tausyiah karena mengikuti instruksi pemerintah untuk tidak berada di tempat keramaian," katanya.

Hingga Kamis, 1 April 2020, video telekonferensi berjudul Bincang-bincang Santai Aa Gym dan Ustaz Abdul Somad ini telah ditonton 140 ribu kali. Durasi rekamannya 40 menit 33 detik dengan jumlah komentar mencapai 465. []

Berita terkait
Hukum Islam Tenaga Medis Pakai APD Salat Tanpa Wudu
Tata cara salat bagi tenaga medis yang memakai alat pengaman diri (APD). Bolehkan tenaga medis itu tidak wudu?
Hukum Islam Jenazah Positif Corona Tidak Disalati
Pasien positif terinfeksi virus corona yang meninggal dunia apakah perlu dimandikan dan disalati?
Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Terpapar Corona?
Ruangan berpendingin udara atau ber-AC apakah akan meningkatkan risiko terpapar virus corona?
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.