Bacaan Dizikir Pagi Hari Setelah Membaca Doa Bangun Tidur

Islam adalah agama yang Rahmatan lil’alamiin. Saat bangun tidur di pagi hari adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.
Ilustrasi Bangun Tidur. (Foto: Tagar/Popular Word)

Jakarta - Islam adalah agama yang Rahmatan lil’alamiin. Saat bangun tidur di pagi hari adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dalam islam, wajib mengikuti aturan dan menjalankan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Di dalam dua kitab Shahih imam para ahli hadis, yaitu Abu Abdullah Muhammad ibnu Ismail ibnu Ibrahim ibnul Mughirah Al-Bukhari dan Abul Husain Muslim ibnul Hajjaj ibnu Muslim Al-Qusyairi, melalui Abu Hurairah & bahwa Rasulullah SAW bersabda:


يَعقِدُ الشَّيطانُ عَلى قافيَةِ رأسِ أَحدِكُم إذا هوَ نام ثَلاثَ عُقدٍ، يَضرِبُ كلَّ عُقدةٍ مَكانَها: عليكَ ليلٌ طويلٌ فارقُدْ، فإنِ استَيقظَ فذَكَر اللهَ انحلَّت عُقدةٌ، فإن تَوضَّأ انحلَّت عُقدةٌ، فإن صلَّى انحلَّت عُقدُه كلُّها، فأَصبحَ نَشيطًا طيِّبَ النَّفسِ، وإلَّا أَصبحَ خَبيثَ النَّفسِ كَسلانَ

Setan membuat ikatan sebanyak tiga kali pada tengkuk kepala seseorang di antara kalian bila ia tidur. Pada tiap ikatan setan memukulnya seraya mengatakan, “Engkau akan menjalani malam yang panjang, tidurlah (dengan nyenyak).” 

Apabila ia terbangun dan berdoa kepada Allah, maka terbukalah satu ikatannya. Bila ia berwudu, maka terbuka pula satu ikatan lagi; dan bila ia salat, maka terbukalah semua ikatannya, hingga di pagi harinya ia bersemangat dan penuh kesegaran; tetapi jika tidak demikian, maka di pagi harinya ia menjadi lesu dan malas.”(HR. Bukhari&Muslim).

Dengan membacakan doa bangun tidur akan membuka satu ikatan pertama setan. Berikut doa saat bangun tidur.


الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.


Selain berdoa, Rasuallah shallallahu'alaihi wa sallam juga menganjurkan umat Muslim membaca dzikir setelah doa bangun pagi:

Dzikir pagi berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi. Hasan menurut Syaikh Al Albani


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

“Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri”

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit
Berikut doa ini sering dibacakan Rasulullah SAW ketika menjenguk orang sakit, Doa ini terdapat pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA
Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid
ebelum masuk ke dalam masjid selain harus berwudhu, masuk ke dalam rumah Allah SWT harus melangkahkan kaki kanan terlebih dulu.
Doa Sebelum Belajar dari 6 Agama di Indonesia
Dengan berdoa, mampu membuat kita mudah menerima ilmu baru dan berkonsentrasi.
0
Bacaan Dizikir Pagi Hari Setelah Membaca Doa Bangun Tidur
Islam adalah agama yang Rahmatan lil’alamiin. Saat bangun tidur di pagi hari adalah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.