UNTUK INDONESIA

Atletico Madrid Vs Barcelona: Susunan Pemain dan Prediksi

Barcelona andalkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann saat lawan Atletico Madrid, Minggu pukul 03.00 dini hari WIB. Atletico sendiri tanpa Suarez.
Barcelona berharap Lionel Messi (kiri) dan Antoine Griezmann (kanan) bersatu menghadapi Atletico Madrid di La Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu, 22 November 2020 pukul 03.00 dini hari WIB. (Foto: Tagar/barcelona.com)

Jakarta - Lionel Messi dan Antoine Griezmann bersatulah demi Barcelona. Harapan itu diapungkan fans saat Barca melakoni big match melawan Atletico Madrid di kompetisi La Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu, 22 November 2020 pukul 03.00 dini hari WIB. Atletico sendiri kehilangan striker Luis Suarez sehingga reuni dengan Barca gagal.

Barca mengalami keterpurukan dan butuh kerja keras untuk bangkit. Tim masih berada di zona transisi sejak kehadiran pelatih anyar Ronald Koeman. 

Mantan pelatih timnas Belanda ini belum mendapatkan formasi yang ideal sehingga masih sering melakukan eksperimen. Hasilnya, Blaugrana hanya 3 kali menang di 7 pertandingan. Tim pun berada di peringkat 8 klasemen sementara. 

Kondisi ini diperburuk dengan konflik internal. Terutama setelah mereka yang berada di lingkaran striker Antoine Griezmann menuding dan menyalahkan kapten Lionel Messi

Messi memilih menghindar dan mengaku lelah semua problem Barca dibebankan kepada dia. Tak hanya itu, dia juga lelah menjadi sasaran saat tim ada masalah.

Laga melawan Atletico menjadi momen kebangkitan Barca. Namun tuan rumah tak bisa diremehkan. Hanya Los Colchoneros memang kehilangan banyak pemain. 

Selain Suarez yang terpapar Covid-19, Atletico tidak diperkuat Lucas Torreira, Hector Herrera, Sime Vrsaljko, Diego Costa, dan Stefan Savic. Namun pelatih Diego Simeone masih bisa menurunkan skuat terbaik 

Dengan skema 4-4-2, Simeone melakukan perubahan pada sektor belakang. Savic digantikan Felipe di jantung pertahanan. Dia akan berduet dengan Jose Gimenez. 

Sedangkan pemain serbabisa Mario Hermoso akan menempati posisi bek kiri. Pemain belakang timnas Inggris Kieran Trippier bermain di kanan. Kuartet belakang itu akan membentengi kiper Jan Oblak.

Di tengah ada Marcos Llorente yang berada di kanan dan Yannick Carrasco di kiri. Mereka akan bermain di sayap yang siap melapis serangan tetapi juga tak segan turun untuk mendukung pertahanan. 

Posisi di double pivot diserahkan kepada Saul Niguez dan Koke. Mereka menjadi lini pertama yang menahan serangan Blaugrana

Dengan absennya Suarez, maka Simeone akan menggeser pemain sayap Angel Correa untuk berduet dengan Joao Felix. Mereka akan ditopang Llorente dan Carrasco.

Barca Kehilangan Ansu Fati 

Koeman sendiri sesungguhnya juga tak bisa menurunkan skuat terbaik. Pemain depan Ansu Fati absen selama 4 bulan karena harus harus menjalani operasi. Selain Fati, Barca tidak diperkuat gelandang veteran Sergio Busquets dan Samuel Umtiti. 

Koeman menggelar skema 4-2-3-1 dengan menempatkan bek tengah Gerard Pique dan Clement Lenglet. Bek kanan Sergino Dest akan menjadi starter sehingga Sergi Roberto bakal duduk di bangku cadangan. Sedangkan di kiri ada Jordi Alba. 

Di tengah, Koeman memasang duo gelandang bertahan Miralem Pjanic dan Frenkie de Jong. Eks gelandang Ajax Amsterdam ini selalu menjadi pilihan pertama Koeman di timnas Belanda. 

Apalagi keduanya memang selalu tampil apik. Gawang Barca hanya 2 kali kebobolan selama 9 laga setiap kali mereka diturunkan bersama. Keduanya juga memiliki karakter menyerang sehingga bisa menjadi ancaman bagi Atletico. 

Di depan mereka ada Messi yang memimpin tim. Di kiri ada Pedri yang menggantikan posisi Fati. Sedangan Ousmane Dembele berada di sisi kanan. Mereka mendukung Griezmann yang menjadi ujung tombak tunggal. 

Ini akan menjadi reuni bagi Griezmann. Penyerang Prancis ini meninggalkan Atletico untuk bergabung dengan Barca pada 2019. 

Griezmann bisa menjadi ancaman bagi tuan rumah. Apalagi, Messi dan Griezmann sesungguhnya sudah menjalin komunikasi yang bagus di zona 14. Kolaborasi mereka kerap mengubah skema bermain menjadi 4-2-4 saat ingin lebih ofensif dalam menyerang tetapi juga berubah menjadi 4-4-2.

Laga diprediksi berlangsung ketat karena ke-2 tim memiliki kekuatan berimbang. Atletico tak terkalahkan selama 23 pertandingan La Liga. Ini menjadi rekor tak terkalahkan terpanjang dari Los Rojiblancos

Namun Barca sesungguhnya menjadi momok bagi tuan rumah. Dari 17 pertandingan terakhir di La Liga, si Pembuat Matras ini tak pernah menang. Mereka kalah 11 kali dan imbang 6 kali. 

Messi pun sangat cocok setiap kali bertemu Atletico. Dari 17 penampilan terakhir, dia mampu mencetak 12 gol. 

Tak ada yang diunggulkan sehingga bursa memasang lek-lekan (0:0). Artinya, ke-2 tim tidak ada yang memberikan voor. Bila menang, skor tipis yang akan tercipta. 

Prakiraan Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak-Trippier, Felipe, Gimenez, Hermoso; Llorente, Koke, Saul, Carrasco; Felix, Correa

Barcelona (4-2-3-1): ter Stegen-Dest, Pique, Lenglet, Alba; Pjanic, de Jong; Dembele, Messi, Pedri; Griezmann

Bursa 

Atletico Madrid vs Barcelona 0:0 (tips Barcelona) []

Berita terkait
Suporter Barcelona Serang Griezmann, Gara-gara Messi?
Barcelona kian runyam. Duet Lionel Messi dan Antoine Griezmann seperti diadu jelang laga melawan Atletico Madrid. Dia jadi sasaran amarah suporter.
Disebut Rezim Teror di Barcelona, Messi: Saya Sudah Lelah
Kapten Barcelona Lionel Messi merasa gerah selalu menjadi sasaran yang harus disalahkan. Termasuk hubungan dia dengan Antoine Griezmann.
Juventus dan Atletico Madrid Perebutkan Gelandang AC Milan
Juventus mengincar gelandang AC Milan Hakan Calhanoglu. Hanya, mereka harus bersaing dengan Atletico Madrid demi menggaet pemain timnas Turki itu.
0
Atletico Madrid Vs Barcelona: Susunan Pemain dan Prediksi
Barcelona andalkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann saat lawan Atletico Madrid, Minggu pukul 03.00 dini hari WIB. Atletico sendiri tanpa Suarez.