UNTUK INDONESIA
Arti 'Tambal Pamiluto' Batik yang Dipakai Iriana Jokowi
Kain batik bermotif Tambal Pamiluto", yang rupanya memiliki makna dan filosofi mendalam di baliknya.
Presiden Joko Widodo didampingi keluarga meninggalkan Istana Merdeka menuju lokasi pelantikan di gedung DPR/MPR Jakarta pada Minggu (20/10/2019) (Foto: Antara/Desca Lidya Natalia)

Jakarta - Iriana Jokowi, istri Presiden Indonesia, tampak memakai kain batik bermotif 'Tambal Pamiluto", yang rupanya memiliki makna dan filosofi mendalam di baliknya.

Menurut Diana Santosa dari Yayasan Batik Indonesia, motif batik asal Magkunegaran, Surakarta itu memiliki makna 'memikat', dan merupakan penyatuan dari motif batik lainnya menjadi satu.

"Jadi batik motif 'tambal pamiluto' ini maknanya cukup bagus. Karena dasarnya, motif ini menyatukan berbagai macam motif di dalam satu motif ragam hias," kata Diana saat dikutip dari Antara, di Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Jadi seakan beliau ingin menunjukkan keberagaman yang dihadirkan dan dijadikan satu melalui motif ini, dan sangat cantik ketika dilihat," ujarnya.

Diana menambahkan, corak tambal pamiluto ini menggabungkan motif lainnya seperti motif batik parang dan lainnya. Ia menilai, Iriana Jokowi memiliki pilihan yang bagus untuk menunjukkan keberagaman melalui kain batiknya.

"Motif tambal itu bermacam-macam. Dipadukan dengan kebaya putih, beliau juga terlihat bersih dan gagah, serta batiknya pun sangat menonjol. Dan bagaimana seorang pemimpin dapat merajut keberagaman sangat terlihat," ujarnya.

Sementara itu, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 akan disaksikan 711 anggota MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR. dan 136 anggota DPD RI.

Sidang Paripurna tersebut dihelat di gedung Parlemen, Jakarta dan dihadiri sejumlah tokoh nasional maupun kenegaraan. []

Berita terkait
Foto Bareng Jokowi-Ma'ruf Amin Diunggah Addie MS
Addie MS mengunggah kolase foto di akun Instagram-nya mengucapkan selamat kepada Joko Widodo dan Maruf Amin menjelang pelantikan presiden.
Kirana Larasati Unggah Ucapan Selamat Pelantikan Jokowi
Kirana Larasati mengucapkan selamat kepada Joko Widodo yang akan dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia.
Fakta Tsamara Amany Menikah Jelang Pelantikan Presiden
Tsamara Amany Alatas resmi melepas masa janda setelah dipersunting oleh Ismail Fadjrie sehari sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden.
0
Etnis Simalungun Minta Wali Kota Siantar Dimakzulkan
KNPSI kembali menyuarakan pemakzulkan Wali Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.