UNTUK INDONESIA
Arti Nama Dua Cucu Jokowi
Arti nama dua cucu Jokowi. Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution. Ini maknanya.
Kahiyang Ayu: Nggak Bisa Diungkap dengan Kata | Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kiri) bersama suami Bobby Nasution (kanan) memperkenalkan putri pertama mereka yang diberi nama Sedah Mirah Nasution, di RSIA YPK, Jakarta, Jumat (3/8/2018). Cucu kedua Presiden Joko Widodo tersebut diberi nama Sedah Mirah Nasution yang memiliki arti harapan menjadi putri yang menawan, solehah, dan dermawan bagi orang-orang sekitar. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta, (Tagar 4/8/2018) - Cucu pertama Jokowi diberi nama Jan Ethes Srinarendra artinya pemimpin cerdas yang sangat cekatan. Cucu kedua Jokowi diberi nama Sedah Mirah Nasution artinya putri yang menawan, solehah, dan dermawan bagi orang-orang sekitar.

Jan Ethes lahir hari Kamis 10 Maret 2016, buah hati Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Sedah Mirah lahir hari Rabu 1 Agustus 2018, buah hati Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Gibran Rakabuming putra sulung Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu putri kedua Presiden Joko Widodo.

Jumat (3/8) di RS YPK Menteng, Jakarta Pusat, Jan Ethes Srinarendra duduk manis di pangkuan ibunya, Selvi Ananda. Gibran berdiri di sampingnya. Mereka mendampingi Kahiyang dan Bobby menyampaikan pernyataan pers. Hadir juga kakak Bobby, Poppy Nasution dan anaknya. Sedah Mirah yang tidur dalam kotak transparan juga ikut dalam konferensi pers tersebut.

Sedah Mirah NasutionCucu kedua Presiden Joko Widodo, Sedah Mirah Nasution, diperkenalkan oleh kedua orangtuanya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, di RSIA YPK, Jakarta, Jumat 3/8/2018. Cucu kedua Presiden Joko Widodo tersebut diberi nama Sedah Mirah Nasution yang memiliki arti harapan menjadi putri yang menawan, solehah, dan dermawan bagi orang-orang sekitar. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Kahiyang Ayu dalam kesempatan itu mengatakan, nama anaknya merupakan hasil musyawarah keluarga.

"Yang mengusulkan namanya sama-sama, dengan keluarga yang lain, baik keluarga Bobby maupun keluarga saya," ujarnya.

Ia mengaku dirinya dan suaminya, Bobby, kompak mengasuh Sedah Mirah Nasution yang baru berusia dua hari.

"Saya bangun, Bobby bangun, gak mungkin gantian nyusuin, anaknya tidur kami juga tidur," kata Kahiyang.

Sedah Mirah lahir dengan berat badan 3,4 kg dan panjang 49 cm melalui operasi sesar. Jen Ethes dulu juga lahir melalui persalinan sesar. 

"Saya sudah sehat, sudah bisa jalan keluar, sudah bisa jalan-jalan di kamar tapi ya kalau terlalu banyak jalan ya kena marah dokter juga," Kahiyang tertawa.

Bobby mengaku bahwa ia dan Kahiyang masih belajar menggendong dan memandikan Sedah Mirah.

"Sebenarnya kalau dari medis diperbolehkan (pulang), tapi karena masih belajar jadi bapak dan ibu, masih diajari suster cara menggendong, memandikan dan lainnya," kata Bobby.

Kahiyang Ayu - Bobby NasutionJan Ethes Srinarendra duduk manis di pangkuan ibunya, Selvi Ananda, Gibran berdiri, mendampingi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memperkenalkan putri pertama mereka, Sedah Mirah Nasution (dalam box) di RSIA YPK, Jakarta, Jumat 3/8/2018. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Direktur Medik dan Perawatan RS YPK Mandiri Yusfa Rasyid SpoG mengatakan bahwa Sedah Mirah dalam kondisi sehat dan mampu minum ASI dengan lancar.

"Kami menghitung (usianya) 2 hari, 24 jam pasca operasi hari ini adalah hari kedua. Kondisinya baik, baby-nya ada di dalam box karena kami pindahkan dari atas ke bawah, keluarga minta di dalam agar nyaman, bayinya baik sehat," kata Yusfa.

Yusfa mengatakan, Kahiyang dapat pulang pada hari ketiga setelah operasi.

"Biasanya kalau persalinan ceasar dan spontan sama saja tiga hari, jadi kalau (lahir) hari Rabu, maka paling cepat Sabtu atau Minggu juga boleh pulang. Karena kadang-kadang ibunya sudah tidak ada masalah tapi bayinya hari ketiga kuning, secara psikologis pasangan baru jadi cemas, cari lagi dokternya, jadi kami lihat tiga hari baik untuk lahir normal maupun ceasar, mau ditambah juga tidak masalah," jelas Yusfa.

Ia menambahkan, Kahiyang dan Bobby sebagai pasangan muda masih belum terbiasa merawat bayi.

"Semua pasangan muda seperti itu, bayi itu sangat liat dan kuat, tapi pasangan baru pasti takut dan deg-degan, memang harus banyak belajar untuk terbiasa gendong, menyusui, memandikan," jelasnya. 

Kahiyang Ayu - Bobby NasutionKahiyang Ayu bersama suami, Bobby Nasution, memperkenalkan putri pertama mereka yang diberi nama Sedah Mirah Nasution, di RSIA YPK, Jakarta, Jumat 3/8/2018. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Presiden Jokowi pada hari itu menjenguk Sedah Mirah, usai menunaikan Salat Jumat sekitar pukul 12.45 Wib.

Kepala Negara menjenguk cucunya selama sekitar 30 menit.

Sedangkan Ibu Negara Iriana menjenguk putrinya sekitar pukul 11.00 hingga pukul 13.35 Wib.

Sukacita Kelahiran Cucu PresidenSejumlah tukang becak menghiasi becak miliknya dengan balon saat merayakan kelahiran cucu ke-2 Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah, Kamis 2/8/2018. Perayaan tersebut merupakan sukacita warga atas kelahiran cucu perempuan Presiden Joko Widodo dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Bukan hanya Kahiyang dan keluarga yang bahagia atas kehadiran Sedah Mirah. Warga Solo dari berbagai kalangan ikut bersyukur usai mengetahui putri presiden, Kahiyang Ayu melahirkan anak perempuan pada 1 Agustus kemarin.

Kamis (2/7) sore, sejumlah abang becak di Solo ikut merayakan kelahiran cucu kedua mantan Wali Kota Solo tersebut. Para abang becak itu melakukan konvoi berkeliling Kota di sekitar Jalan Slamet Riyadi. Becak yang mereka kayuh juga dilengkapi hiasan balon udara dan poster bergambar wajah cucu Jokowi.

"Kami ikut mensyukuri kelahiran cucu kedua Pak Jokowi. Kami ikut berdoa agar nanti menjadi anak yang solehah, berbakti pada orangtua, berguna bagi nusa dan bangsa," kata Darmono, perwakilan abang becak yang sering mangkal di depan Solo Grand Mall tersebut mengutip Merdeka.

Darmono yang mewakili seluruh komunitas becak di Solo ingin agar cucu Jokowi bisa meniru nilai-nilai kakeknya. Menurut dia, Jokowi saat berada di Solo seringkali memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, tak terkecuali kepada para pengayuh becak.

"Kami senang dengan kelahiran cucu presiden ini. Dulu pas Mbak Kahiyang dan Mas Bobby menikah saja kami sukarela menjemput para tamu undangan dari tempat parkir ke lokasi pernikahan. Sekarang pasti ikut bahagia, mereka sudah punya keturunan," ujar Darmono. []

Berita terkait
Gibran Rakabuming Akui Masih Suka Makan di Warteg
Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka mengaku masih suka makan di warung tegal atau warteg.
Gibran Siapkan Nama Perempuan untuk Adik Jan Ethes
Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka telah menyiapkan nama anak perempuan untuk calon adik Jan Ethes.
Jan Ethes dan Selvi Ananda Absen dari Pelantikan Jokowi
Gibran mengatakan kondisi istrinya yang tengah hamil tua tidak memungkinkan untuk pergi ke Jakarta.
0
Hari Nusantara dan Negara Kepulauan Terbesar Dunia
Kemen Kominfo gelar acara memperingati Hari Nusantara yang dipusatkan di Sumatera Barat. Salah satu tujuannya untuk mengenang Deklarasi Juanda.