Apple Hadirkan Ponsel iPhone 13 dengan Dukungan Touch ID

Perusahaan teknologi komunikasi, Apple, menghadirkan produk ponsel baru iPhone 13 yang dirilis dengan dukungan sublayar Touch ID pada tahun 2021.
Ilustrasi ponsel iPhone. (Foto: MacRumors)

Jakarta - Perusahaan teknologi komunikasi, Apple, kembali menghadirkan produk smartphone model barunya, yakni iPhone 13, yang dirilis dengan dukungan sublayar Touch ID pada tahun 2021 ini.

Seri baru ini akan mendukung Touch ID dan Apple pun sedang menguji sokongan untuk pembaca Touch ID dalam layar iPhone 13 di 2021. Touch ID ini akan berfungsi untuk membuka kunci ponsel sebagai tambahan dari ID wajah.

Smartphone iPhone 13 kemungkinan akan menampilkan desain yang hampir serupa dengan model sebelumnya, yakni iPhone 12.

Ponsel iPhone 13 tidak akan menampilkan perubahan signifikan pada tampilan dan spesifikasinya karena model iPhone 12 yang telah diluncurkan sebelumnya telah menandai perombakan besar pada teknologi dan desain.

Selain itu, iPhone 13 ini akan menggunakan teknologi D-ToF terbaru untuk menggantikan komponen ID wajah yang ada. iPhone 13 juga akan menggunakan layar LTPO yang disediakan oleh Samsung. Teknologi ini dikatakan mendukung kecepatan refresh lebih tinggi dan sangat mengurangi pemakaian daya layar.

Dukungan kecepatan referesh akan hadir pada ponsel ini dengan 120Hz, IPhone 13 juga akan meningkatkan prosesor Apple A15 yang akan menjadi debut bagi chip ini pertama kalinya. Ini menggunakan proses 5nm generasi kedua TSCM yang memberikan performa dari sisi tambahan konsumsi daya dan peningkatan kinerja.

Modul kamera belakang iPhone 13 akan bertambah 0,9mm dan Apple dilaporkan berencana menggunakan sapphire glass yang diklaim sebagai material terkeras nomor dua di dunia setelah berlian untuk melapisi seluruh modul kamera.

Desain produk ini juga akan menyerupai iPad Pro 2020 dengan tonjolan yang lebih kecil.

Perusahaan media massa, Bloomberg, menuliskan bahwa Apple telah membahas pelepasan port pengisian daya untuk model iPhone tertentu, tetapi masih belum diketahui apakah perubahan ini juga didapatkan pada iPhone 13.

Laman Gizchina melaporkan, Apple diperkirakan sedang berfokus pada pembaruan iPhone dan iPadnya yang akan hadir pada tahun ini. Namun, perusahaan juga sedang mengerjakan model ponselnya yang dapat dilipat.

Raksasa industri teknologi ini selalu menarik perhatian dengan produk-produknya. Banyak kabar beredar bahwa Apple mungkin akan menamai ponsel ini dengan iPhone 12 S daripada iPhone 13.

Hal ini dikarenakan iPhone telah meluncurkan sejumlah produk seri S nya dalam beberapa tahun terakhir. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Bocoran Apple MacBook Pro 2021, Bakal Dilengkapi MagSafe
Perusahaan teknologi, Apple, baru-baru ini meluncurkan produk baru MacBook Air dan MacBook Pro yang didukung oleh chipset M1 berbasis ARM terbaru.
Apple Izinkan Kembali Aplikasi Amphetamine Muncul di App Store
Amphetamine, yang merupakan sebuah aplikasi dengan logo pil yang mencegah Mac masuk ke sleep mode (keep awake).
Samsung Galaxy SmartTag, Gadget Keamanan Cerdas Saat Travelling
Samsung, memperkenalkan produk baru bernama Galaxy SmartTag, gadget keamanan cerdas yang dapat digunakan saat melakukan perjalanan atau travelling.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar