Apple Gaet Influencer Promosikan iPhone 12 Mini di TikTok

Tampaknya Apple menggunakan kepopuleran TikTok sebagai media periklanan yang penting untuk memasarkan produknya.
Tangkapan layar video promosi pada akun resmi Apple di TikTok. (Foto: Tagar/TikTok)

Jakarta - Perusahaan teknologi Apple mengandalkan jasa influencer untuk mempromosikan ponsel terbarunya, iPhone 12 Mini, di platform berbagi video populer, TikTok. Para influencer ini ditugaskan membuat video yang berfokus pada kemampuan 5G dengan layar AMOLED 5,4 inci milik iPhone 12 Mini.

Promosi kali ini bukan berisi iklan elegan yang menjadi ciri khas Apple biasanya. Berdasarkan pantauan Tagar, Kamis, 26 November 2020, dalam video yang berdurasi 30 detik, tampak influencer Jessica Wang, Julian Bass, Kevin Parry, dan Zach King mengecilkan benda-benda sekitarnya, termasuk iPhone 12 Pro yang berubah menjadi iPhone 12 Mini.

Ada empat video yang diunggah akun resmi Apple di TikTok. Video ini mengusung tagar #iphone12pro yang mencapai 145,9 juta penonton dan tagar #makeitmini yang mencapai 3,7 miliar penonton dengan lagu “Woo” yang dinyanyikan Wande. Tayangan terbanyak ada pada video milik Zach King, yang terkenal dengan kemampuannya membuat konten video transisi.

Konsep video Zach King memperlihatkan dirinya bekerja di sebuah perusahaan departemen pengiriman barang. Zach memiliki kemampuan ajaib yang bisa mengecilkan barang setelah disentuhnya. Pada adegan terakhir, Zach menunjukkan iPhone 12 Pro dengan layar AMOLED 6,1 inci dan menyentuhnya. Dengan transisi video, ponsel itu kemudian berubah menjadi iPhone 12 Mini dengan layar AMOLED 5,4 inci.

Apple memiliki nama sendiri pada layar iPhone 12 Mini, yaitu Super Retina XDR. Layar dengan ceramic shield ini diklaim empat kali lebih baik dibandingkan lapisan kaca lainnya. Ponsel ini juga dimodali chipset A14 Bionic dengan fabrikasi 5nm dan 11,8 miliar transistor. Menjanjikan performa GPU dan CPU 50 persen lebih kencang dengan yang ada di pasaran.

Ponsel ini juga memiliki dual kamera di bagian belakang. Masing-masing berukuran 12MP dengan peningkatan 27 persen ketika memotret di tempat yang minim cahaya. Kamera depannya 12 MP yang didukung Night Mode dan Deep Fusion.

Perbedaan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Mini juga tampak pada kapasitas penyimpannya. Produk iPhone 12 Pro dilengkapi memori 6GB, sedangkan 4GB untuk iPhone 12 Mini. Kamera pada iPhone 12 Pro dilengkapi kamera Wide, Ultra-wide, dan Telescopic. Berbeda dengan iPhone 12 Mini yang hanya dilengkapi kamera Wide dan Ultra-wide.

Promosi yang unik ini menjadi konten pertama Apple di TikTok. Apple diketahui membuat akun TikTok pada April 2020 lalu. Pada saat itu, belum ada unggahan apapun dari perusahaan yang berbasis di Cupertino ini. Pengikut akunnya pun masih ribuan.

Kini, atau sekitar tujuh bulan kemudian, akun Apple di TikTok sudah memiliki ratusan ribu pengikut. Jumlah pengguna TikTok diperkirakan mencapai 800 juta pengguna aktif. Tampaknya Apple menggunakan kepopuleran TikTok sebagai media periklanan yang penting untuk memasarkan produknya.[]


Penulis: Alfina Nur Hayati 

Berita terkait
iPhone 12 Lulus Sertifikasi Kemkominfo, Kapan Rilis?
Kehadiran iPhone 12 di Tanah Air kian santer dengan lolosnya hasil uji sertifikasi empat model iPhone 12 oleh Kemkominfo.
Kapan iPhone 12 Rilis di Indonesia? Ini Kata Erajaya
Bila mengacu pada peluncuran iPhone 11 pada 2019 lalu, kemungkinan keempat model iPhone 12 diperkirakan hadir di Tanah Air pada Januari 2021.
Terkuak! Ternyata Segini Kapasitas Baterai iPhone 12
Menurut dokumen regulasi Badan Telekomunikasi Nasional Brasil, kapasitas baterai pada iPhone 12 lebih kecil dari iPhone 11.
0
Carlo Ancelotti Tinggalkan Everton Kembali ke Real Madrid
Carlo Ancelotti telah meninggalkan Everton untuk menjadi pelatih kepala di Real Madrid untuk kedua kalinya