UNTUK INDONESIA
Apa Perbedaan SIM Pintar dan Konvensional
SIM Pintar akan diluncurkan Polri pada 22 September 2019. Smart SIM ini banyak keunggulan. Salah satunya bisa jadi e-money.
Ilustrasi SIM A. (Foto: Wikipedia)

Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia melalui Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) akan merilis Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan sistem elektronik pintar pada September 2019. Kepastian perilisian SIM Pintar (Smart SIM) ini dikemukakan Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri.

"Kami akan grand launching Smart SIM ini pada 22 September 2019, bertepatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara," ujar Irjen Refdi kepada para wartawan, Kamis, 22 Agustus 2019 di sela-sela acara soft launching SIM Pintar di Bekasi, Jawa Barat.

Perbedaan mendasar dari SIM Pintar ini, kata Irjen Refdi, adalah disematkannya cip elektronik di dalam kartu yang dapat menyimpan informasi, data, dan identitas pengguna untuk keperluan kepolisian.

Data tersebut juga dapat menyimpan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pemilik SIM Pintar, dari pelanggaran kecil sampai besar sehingga memudahkan pendataan oleh kepolisian.

SIM Pintar tersebut juga memuat nomor telepon kerabat atau keluarga pemilik SIM sehingga membantu kepolisian dan pengguna SIM jika ada masalah terkait pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, membantu Korlantas dalam mendata pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, SIM Pintar tersebut juga dapat digunakan pemiliknya sebagai kartu uang elektronik (e-money).

"(Nanti) bisa juga digunakan untuk e-money, bisa jadi uang elektronik. Saldo yang bisa disimpan maskimal Rp 2 juta," tutur Irjen Refdi.

Meski belum membeberkan dengan bank mana Korlantas Polri bekerja sama, namun Refdi mengatakan penggunaan SIM Pintar sebagai e-money tersebut dapat digunakan untuk transaksi non tunai, seperti membayar tol, tiket kereta, dan sebagainya.

Tampilan SIM Berbeda

Tampilan SIM Pintar yang bakal dirilis Korlantas Polri bulan depan berbeda jauh dengan  SIM konvensional yang saat ini dimiliki masyarakat. 

Pada bagian latar SIM Pintar, baik bagian depan dan belakang berwarna putih dengan bagian atas berwarna merah dan putih.

Pada bagian tengah depan SIM memuat informasi data diri dengan tanda air yang berbentu logo Korlantas. Ada tulisan anti-copy pada bagian tengah di dekat logo Korlantas. 

Selanjutnya, pada bagian kiri tengah depan SIM Pintar tetap menunjukkan foto pemilik kartu.

Sementara, pada bagian belakang memuat tulisan 'SIM & INA', dan microtext bertulisan 'SIM'. []

SIM PintarDetail penjelasan SIM Pintar yang akan rilis 22 September 2019. (Foto: Whatsapp)


Berita terkait
Ponsel Pintar Nokia Masih Pakai Interface Google
Alasan mereka belum menciptakan desain pengguna antarmuka sendiri karena masih percaya desain asli sistem Android milik Google.
Jurus Jitu Mengatasi Susah Sinyal di Ponsel Pintar
Pesan instan pending terus, dan browsing sosial media (medsos) menjadi terhambat karena sinyal sedang down.
Tips Mudik Lebaran, Enam E-Money Buat Bayar Tol
Selain e-Toll, berikut ini enam jenis e-money bisa bayar tol untuk memastikan perjalanan nyaman mudik Lebaran.
0
BMKG Ralat Informasi Gempa di Buleleng Bali
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meralat informasi kekuatan gempa yang mengguncang wilayah Buleleng, Bali.