UNTUK INDONESIA
Antisipasi Demo, Akses ke Istana Kepresidenan Ditutup
Polisi menutup akses menuju Istana Kepresidenan Jakarta mengantisipasi gelombang demonstrasi aliansi mahasiswa Bem SI pada hari ini.
Kawat duri telah disiapkan untuk mencegah massa mendekati gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: Tagar/R Antares p)

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup akses menuju Istana Kepresidenan Jakarta mengantisipasi gelombang demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pada Kamis 17 Oktober 2019.

Penutupan akses Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat tersebut dilakukan sejak pukul 11.00 WIB.

Sejumlah water barrier dan kawat berduri dipasang. Sementara aparat kepolisian terlihat berjaga di dekat Direktorat Jenderal Pemasaran Kementrian Pariwisata.

Kendaraan pribadi menuju ke Istana Merdeka yang merupakan bagian dari Kompleks Kepresidenan Jakarta diminta untuk putar balik, sedangkan transportasi umum seperti bus TransJakarta masih beroperasi seperti biasa. a.

Seperti diketahui, BEM SI berencana akan melakukan demonstrasi di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis siang 17 Oktober 2019. Aksi turun ke jalan itu untuk menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait UU KPK hasil revisi yang mulai berlaku mulai hari ini.

Massa mahasiswa itu dijadwalkan memulai demonstrasi pukul 13.00 WIB dengan titik kumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Titik kumpul itu berjarak 1,2 kilometer dari Istana Merdeka Jakarta.

Aliasnsi BEM SI sebelumnya mengumumkan massa aksi akan berasal dari mahasiswa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten. 

Berita terkait
Ada Rencana Demo, Sejumlah Jalan di Jakarta Ditutup
Merespons rencana gelombang aksi massa, PT Jasa Marga menutup akses jalan di sejumlah wilayah di Jakarta.
Alasan Polri Terbitkan Diskresi Demo untuk Pelantikan
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal Polri memiliki hak menerbitkan diskresi demi kepentingan besar.
Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Akan Bagus Tanpa Aksi Demo
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan imbauan dari Polda Metro Jaya untuk tidak melaksanakan aksi demonstrasi saat pelantikan.
0
Pemerintah Siapkan Kartu Pra Kerja 2 Juta Orang
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan program Kartu Pra Kerja.