UNTUK INDONESIA
Angin Kencang Terjang Bima NTB, Sejumlah Rumah Rusak
Hujan disertai angin menerjang Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), akibatnya sejumlah rumah rusak diterpa angin.
Rumah rusak akibat hujan dan angin kencang di beberapa wilayah di Bima. (Foto: Tagar/Dok. BPBD Bima)

Bima - Sejumlah titik wilayah Bima Kota dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah terjadi hujan lebat dan angin kencang yang menerjang permukiman warga sejak kemarin malam. Akibatnya pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak.

Kejadian angin kencang dan hujan deras masih berlangsung hingga Sabtu, 4 Desember 2020 sekitar pukul 09.30 Wita. Selain merusak bagian atap rumah warga, sebuah mobil juga tertimpa pepohonan yang tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang di Asrama Mapolres Bima Kota di Kelurahan Monggonao, Kecamatan Mpunda.

Berdasarkan pantauan di sejumlah aliran sungai di Kota Bima saat ini sudah meningkat dan tidak menutup akan meluap.

Pohon tumbang juga menghalangi jalan di wilayah Ncai Kapenta, Desa Rite, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima. Pada pukul 10.13 Wita hingga saat ini situasi cuaca di wilayah Bima masih dilanda hujan.

Bima NTBPohon tumbang akibat hujan dan angin kencang di beberapa wilayah di Bima.(Doto: Tagar/Dok. BPBD Bima)

Pihak BPBD Kota maupun Kabupaten Bima juga sudah siaga untuk antisipasi jika terjadi banjir. Hingga saat ini belum ada korban jiwa akibat terjadinya hujan dan angin kencang di wilayah Bima.

"Berdasarkan pantauan di sejumlah aliran sungai di Kota Bima saat ini sudah meningkat dan tidak menutup akan meluap menggenangi beberapa rumah warga sepanjang aliran sungai," kata Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan kepada Tagar, Sabtu, 4 Januari 2020.

Upaya yg dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bima adalah tetap memonitor langsung dan tetap siaga bila keadaan darurat tetap turun ke beberapa lokasi yang dilanda hujan.

Untuk warga yang terdampak, direncanakan tim dari BPBD Kabupaten Bima akan membawa bantuan tanggap darurat bencana angin puting beliung ke Desa Ntoke, Kecamatan Wera.

Sementara itu, Peringatan Dini Cuaca Kabupaten Bima dan Dompu pada 4 Januari 2020 mulai pukul 07.00 Wita berpotensi terjadi Hujan Sedang dan Lebat di wilayah Tambora, Pekat, Empang, Plampang, dan dapat meluas ke wilayah Kempo, Sanggar, Kilo, Wera, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.10 Wita.

Prakirawan-BMKG Bima melaporkan saat ini untuk kondisi cuaca pada umumnya hujan dengan intenstias ringan merata di seluruh wilayah Kabupaten Bima dan Dompu. Sebaran awan hujan bergerak menuju arah Timur-Tenggara dengan kecepatan angin rata-rata 10-25 kilometer per jam. []

Berita terkait
Lima Pelaku Ilegal Logging di Bima NTB Ditangkap
Aparat gabungan TNI-Polri menangkap lima orang terduga pelaku ilegal loging di Bima Nusa Tenggara Barat.
Hujan Angin Rusak Lapak PKL Pantai Lawata Bima NTB
Hujan disertai angin kencang memporak-porandakan lapak PKL di pantai Lawata Bima Nusa Tenggara Barat (NTB).
10 Rumah Ludes Terbakar di Bima NTB
10 unit rumah terbakar di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, NTB. Kerugian di taksir Rp 760 juta
0
Orang Tua Ajari Anak Jaga Kebersihan Cegah Corona
Dampak dua warga Depok terinfeksi virus Corona, membuat orang tua murid SDN Anyelir 1 Depok resah dan khawatir.