Angel Lelga, Caleg Artis Maju di Pileg 2019

Sempat gagal saat berbendera PPP pada Pileg 2014.
Caleg Partai Perindo, Angel Lelga. (Foto: IG @angellelga)

Jakarta, (Tagar 19/11/2018) - Dikenal mempunyai paras cantik, artis Angel Lelga memang mempunyai ketertarikan terhadap panggung politik. Semua berawal pada tahun 2014.

Ketika itu, mantan istri siri pedangdut Rhoma Irama ini melenggang dari artis ke ranah politik melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ingin berkembang, ia mengajukan menjadi calon legislatif (caleg) di tahun sama.

Menurutnya, PPP sebagai alat politik untuk maju ke parlemen senada dengan visinya. Angel yang baru berpredikat sebagai mualaf setuju partai Islam seperti PPP sebagai kendaraan politiknya. Bahkan ia menuturkan Ketua Umum PPP Suradharma Ali memintanya langsung saat itu.

Namun, perjalanan Angel di kontestasi politik 2014 tidak semulus yang ia bayangkan. Perempuan berdarah Belanda-Manado-Jawa ini kalah di daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah.

Kantong suara di Dapil V yang meliputi Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta lebih banyak memilih pesaing Angel, Puan Maharani. Putri Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri itu diusung PDI Perjuangan dan meraih 72.869 suara. Berselisih jauh dengan Angel yang hanya meraup 1.617 suara.

Kegagalan Angel itu memantapkan dirinya pindah haluan ke partai yang diketuai Hary Tanoesoedibjo. Melalui bendera Perindo, perempuan berusia 33 tahun ini mencoba lagi peruntungannya di Pileg 2019. Ia maju di Dapil 7 mencangkup Kab Bekasi, Kab Karawang dan Kab Purwakarta.

Sama seperti ketika berada di PPP, Angel mengaku program Perindo seusai dengan visinya di panggung politik.

Sejumlah pendekatan kepada masyarakat dilancarkan Angel. Mulai dari turun langsung salah satu pasar di Cikarang, Bekasi, hingga berdialog dengan ibi-ibu diselingi senam bersama di Karawang.

Namun, suaminya Vicky Prasetyo sempat mewanti-wanti kepada Angel. Kepada wartawan, pelawak kontroversi itu melarang Angel untuk mengobral janji saat kampanye menuju Pileg 2019.

Selain Angel Lelga yang maju menjadi calon legislatif, ada 53 artis yang ikut menyemarakan kontestasi politik di Pileg 2018. Berikut Tagar News sajikan lengkap dalam bentuk infografis terkini.

Daftar Nama 54 Caleg Dari Kalangan ArtisDaftar nama 54 caleg dari kalangan artis 

Berita terkait
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.