Anak-anak Imigran Tanpa Pendamping Ditampung di California

Pemerintah federal di AS mungkin akan merumahkan anak-anak imigran tanpa pendamping di sebuah pangkalan di California
Seorang bocah imigran (tengah) meluncurkan pesawat kertas saat bermain dengan anak-anak migran lain di alun-alun dekat titik masuk Jembatan Internasional McAllen-Hidalgo ke AS, setelah tertangkap basah coba menyelinap ke AS dan dideportasi. (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta - Pemerintah federal di Amerika Serikat (AS) mungkin akan merumahkan anak-anak imigran tanpa pendamping di sebuah pangkalan Garda Nasional Angkatan Darat di California tengah, seperti dikatakan para pejabat.

Pentagon pada Jumat, 2 April 2021, menyetujui menggunakan Camp Roberts untuk menampung sementara anak-anak imigran tanpa pendamping, seperti dikatakan oleh seorang pejabat pertahanan.

Belum jelas berapa banyak anak-anak yang bisa ditempatkan di kamp itu, yang terletak di pinggir Sungai Salinas, antara Los Angeles dan San Francisco.

imigran anak-anakImigran anak-anak yang mencari suaka ke AS dibawa ke Penitas, Texas, dari perbatasan Meksiko, 14 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Departemen Kesehatan (Depkes) AS pada Sabtu, 3 April 2021, mengatakan kamp itu "sedang dipertimbangkan baik-baik." Departemen itu belum memfinalisasi keputusannya.

"Ketika Depkes memutuskan untuk mengaktifkan Situs Darurat bagi anak-anak migran tanpa pendamping, kami akan memberitahu para pejabat negara bagian dan lokal, serta para anggota Kongres," kata staf departmen itu dalam pernyataan.

anak-anak migranAnak-anak imigran tanpa pendamping antre untuk pengajuan suaka di dinas imigrasi AS di Kota Penitas, Texas, AS, 26 Maret 2021. Lebih dari 18.000 anak tanpa pendamping berada di dalam tahanan imigrasi AS (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

“Depkes telah meminta penggunaan pangkalan itu,” kata juru bicara Pentagon, John Kirby, pada Kamis, 1 April 2021.

Garda Nasional California belum segera merespon permintaan Kantor Berita Associated Press untuk meminta komentar tentang penggunaan kamp untuk menampung anak-anak imigran tanpa pendamping (vm/ft)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Imigran Amerika Tengah Kecewa Karena Diusir dari Amerika
Imigran asal Amerika Tengah kecewa karena tidak mendapatkan kesempatan untuk mencari suaka di Amerika Serikat
100.000 Imigran Ditahan Agen Amerika di Perbatasan Meksiko
Amerika tahan hampir 100.000 migran di perbatasan Amerika dan Meksiko pada Februari 2021 setelah Presiden Biden cabut kebijakan imigrasi Trump
Presiden Biden Tugaskan Wapres Harris Tangani Imigran
Presiden AS, Joe Biden, tugaskan Wapres Kamala Harris untuk ambil alih pengelolaan imigran sebagai isu terbesar yang dihadapi pemerintahannya
0
Lonjakan Covid-19 Malaysia Lockdown Sampai 14 Juni 2021
Bisnis ditutup selama dua minggu hingga 14 Juni 2021, saat Malaysia hadapi lonjakan kasus Covid-19 usai Lebaran