100.000 Imigran Ditahan Agen Amerika di Perbatasan Meksiko

Amerika tahan hampir 100.000 migran di perbatasan Amerika dan Meksiko pada Februari 2021 setelah Presiden Biden cabut kebijakan imigrasi Trump
Pencari suaka menunggu kabar perubahan kebijakan di perbatasan di Tijuana, Meksiko. Setelah menunggu berbulan-bulan di Meksiko, orang-orang yang mencari suaka di AS diizinkan masuk ke negara itu mulai 19 Februari 2021. (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Agen-agen di perbatasan Amerika Serikat (AS), bulan Februari 2021 menahan hampir 100 ribu migran di perbatasan AS dan Meksiko. Hal ini disampaikan oleh dua sember yang mengetahui angka awal penahanan imigran. Angka ini merupakan total bulanan tertinggi sejak lonjakan besar migran di perbatasan pada pertengahan tahun 2019.

Angka-angka yang belum dilaporkan itu, menunjukkan peningkatan gelombang kedatangan migran di perbatasan barat daya AS ketika Presiden Joe Biden, seorang Demokrat, berusaha membatalkan beberapa kebijakan pembatasan mantan Presiden Donald Trump, seorang Republikan. Februari 2021 adalah bulan penuh pertama Biden menjabat sebagai presiden.

Total penahanan bulan lalu mencerminkan angka tertinggi untuk bulan Februari 2021 sejak 2006. Sumber-sumber yang memberikan angka tersebut kepada Reuters meminta agar namanya dirahasiakan.

imigran meksikoPara migran Meksiko antre makanan di sebuah kamp dekat Jembatan Masuk Internasional di Matamoros, Meksiko, 30 Agustus 2019 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Meningkatnya jumlah anak yang tiba di perbatasan tanpa orang tua atau wali resmi dalam beberapa pekan terakhir telah menyulitkan para pejabat AS menyediakan pilihan tempat tinggal dan mengambil langkah untuk mempercepat pembebasan mereka kepada para sponsor di Amerika.

Jumlah migran yang ditahan pada bulan Februari menunjukkan peningkatan dari 78 ribu pada bulan Januari. Total penahanan Februari tampaknya menjadi angka bulanan tertinggi sejak Juni 2019 selama lonjakan besar di perbatasan yang disebut Trump menjadi alasan tindakan keras imigrasi yang luas.

Seorang juru bicara Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengatakan statistik resmi untuk bulan lalu kemungkinan akan dirilis minggu depan.

perbatasan as meksikoPerbatasan antara AS dan Meksiko (Foto: en.wikipedia.org)

Agen Patroli Perbatasan AS, Rabu, 2 Maret 2021, menangkap lebih dari 4.500 migran yang melintasi perbatasan A.S.-Meksiko dalam satu hari. Menurut angka pemerintah yang diberikan kepada kantor berita Reuters, angka tersebut menjadi pertanda masuknya migran ilegal bisa terus meningkat pada bulan Maret 2021.

Partai Republik mengecam Biden karena membatalkan kebijakan imigrasi garis keras Trump, dengan mengatakan perubahan itu akan mengarah pada lebih banyak lagi imigran ilegal (my/ah)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
RUU Imigrasi Tumpuan Harapan 11 Juta Imigran Jadi WN Amerika
RUU imigrasi yang baru yang diperkenalkanke Presiden Joe Biden akan memungkinkan 11 juta imigran gelap jadi WN Amerika
Harapan Imigran yang Berlindung di Gereja Kepada Biden
Imigran yang berlindung di gereja di Amerika berharap nasib mereka akan lebih baik di masa pemerintahan Presiden Biden
545 Anak Imigran Amerika Selatan Terpisah dari Orang Tua
Akibat kebijakan Presiden AS, Donald Trump, tentang imigran 545 anak terpisah dari orang tuanya di perbatasan Meksiko
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.