UNTUK INDONESIA

Amerika Tangkap Istri El Chapo Bos Kartel Narkoba Meksiko

Departemen Kehakiman Amerika tangkap istri El Chapo, bos kartel narkoba Meksiko, dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional
Emma Coronel Aispuro, istri Joaquin Guzman, bos kartel narkoba Meksiko yang dikenal sebagai "El Chapo", keluar dari Gedung Pengadilan Federal Brookly di New York, 5 Februari 2019 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengumumkan istri Joaquin “El Chapo” Guzman, mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko yang kini mendekam di penjara, ditangkap pada Senin, 22 Februari 2021, atas dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional.

Emma Coronel Aispuro, 31 tahun, yang selalu hadir dalam persidangan suaminya dua tahun lalu, ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia Utara, AS. Dia diperkirakan akan dihadirkan di pengadilan federal di Washington pada Selasa, 23 Februari 2021.

Tidak jelas mengapa Coronel, yang memiliki kewarganegaraan ganda, Amerika Serikat dan Meksiko, berada di wilayah Washington pada saat penangkapannya.

Kartel NarkobaSejumlah serdadu berjaga-jaga di pintu masuk ke perkampungan La Mora saat puluhan mobil berplat nomor Amerika Serikat (AS) memasuki area pemakaman untuk memakamkan korban penyerangan kelompok kartel narkoba Meksiko. (Foto: Reuters|BBC News)

Penangkapan itu terjadi dua tahun setelah pengadilan di Brooklyn, New York, AS, menghukum Guzman, kini 63 tahun, karena memperdagangkan beberapa ton narkoba ke Amerika Serikat sebagai pemimpin Sinaloa. Dalam sidang itu, jaksa penuntut mengatakan dia mengumpulkan kekuasaan melalui pembunuhan dan perang dengan kartel-kartel saingannya.

Coronel didakwa berkonspirasi untuk mendistribusikan heroin, kokain, mariyuana, dan metamfetamin untuk diimpor secara tidak sah ke Amerika Serikat (lt/ft)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Donald Trump Sebut Kartel Narkoba Meksiko Teroris
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut kartel narkoba di Meksko sebagai kelompok teroris.
Korban Kebrutalan Kartel Narkoba Meksiko Dimakamkan
Tiga jenasah anggota komunitas Mormon yang tewas oleh kebrutalan kelompok kartel narkoba Meksiko dimakamkan
Satu Keluarga Tewas Korban Kartel Narkoba Meksiko
Satu keluarga asal Amerika Serikat (AS) menjadi korban keganasan kartel narkoba Meksiko. Mereka korban salah sasaran yang dikira kelompok kartel
0
Amerika Tangkap Istri El Chapo Bos Kartel Narkoba Meksiko
Departemen Kehakiman Amerika tangkap istri El Chapo, bos kartel narkoba Meksiko, dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional