Amerika Pindahkan Kapal Induk Dari Asia Pasifik ke Timteng

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, diperkirakan akan menyetujui pemindahan kapal induk dari kawasan Asia Pasifik ke Timur Tengah
Jet tempur F/A-18E Super Hornet mendarat di dek kapal induk USS Ronald Reagan, sementara USS Nimitz melintas di Laut China Selatan, 6 Juli 2020 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, diperkirakan akan menyetujui pemindahan kapal induk dari kawasan Asia Pasifik ke Timur Tengah, 27 Mei 2021. Hal itu diungkapkan oleh dua pejabat Pentagon kepada VOA.

Pemindahan USS Ronald Reagan, yang berbasis di Yokosuka, Jepang, jarang terjadi dan biasanya dikerahkan di sekitar Pasifik. Menurut para pejabat, pemindahan itu akan membantu penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Pengerahan USS Ronald Reagan berarti AS tidak menempatkan kapal induk lagi di kawasan itu, paling tidak dari segi penempatan kapal induk. Namun, kapal induk HMS Queen Elizabeth dan armada serang Inggris, yang juga menampung ratusan marinir AS serta 10 pesawat tempur Korps Marinir F35, kini sedang menuju kawasan Pasifik.

menhan asMenteri Pertahanan AS Lloyd Austin. (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

Menurut USNI News, ini pertama kali armada serang berbasis di Jepang dan sayap udara akan beroperasi di Timur Tengah sejak 2003, ketika USS Kitty Hawk, yang kini sudah diistirahatkan, dikerahkan ke Teluk Persia guna memberi dukungan udara dalam perang di Irak.

Pentagon sudah sering mengatakan pihaknya lebih terfokus pada kawasan Indo Pasifik sesuai Strategi Pertahanan Nasional 2018, yang menjadikan persaingan dengan China dan Rusia prioritas utama.

Pengumuman Presiden AS, Joe Biden, pada April 2021 bahwa AS akan menarik pasukan dari Afghanistan paling lambat 11 September 2021, menambah kebutuhan akan kehadiran kapal induk di Timur Tengah guna menyediakan tambahan dukungan udara. USS Ronald Reagan akan menggantikan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower yang telah ditempatkan lebih dari tiga bulan.

Pejabat tidak memberi konfirmasi berapa lama USS Dwight D. Eisenhower akan tetap berada di kawasan setelah penggantinya tiba (jm/ka)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Amerika Serikat Batal Pulangkan Kapal Induk USS Nimitz
AS membatalkan keputusan untuk mengirim pulang sebuah kapal induk, USS Nimitz, yang beroperasi di Timur Tengah
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.