Makassar, (Tagar 10/2/2019) - Direktur Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan ATKP, Agus Susanto dinonaktifkan dari jabatannya. Ia dinilai bertanggung jawab di balik peristiwa meninggalnya Aldama Putra Pongkala, taruna ATKP yang dianiaya seniornya, M Rusdi.

"Kami telah melakukan investigasi dan pertemuan internal. Kami memutuskan menonaktifkan Direktur ATKP Makassar dan menskorsing satu orang untuk menjalani pemeriksaan pihak kepolisian," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis diterima Tagar News di Makassar, Minggu (10/2).

Baca juga: Aldama Putra, Penyiksaan pada Malam Jahanam Itu

Budi Karya menjelaskan Kementerian Perhubungan telah melakukan investigasi kematian Aldama.

Ia menegaskan, selain menonaktifkan Agus Susanto, pihaknya juga akan mengganti seluruh personel yang terlibat dalam tragedi memilukan tersebut.

"Berdasarkan hasil investigasi internal, kami memutuskan untuk melakukan penggantian personel terhadap seluruh lini di ATKP Makasar yang terlibat pada saat kejadian," ujar Budi.

Sebelumnya, Aldama Putra Pongkala (19) taruna tingkat satu ini meninggal dunia, Senin dini hari (4/2), dengan luka lebam di tubuh hingga bagian wajah. Belakangan diketahui, kejanggalan meninggalnya korban akibat penganiayaan berat yang dilakukan M Rusdi (21) seniornya di tingkat dua. []