UNTUK INDONESIA
Alasan Samsung, Oppo dan Vivo Tutup Pabrik di India
Samsung, Oppo, dan Vivo menutup sementara pabrik mereka yang berada di India akibat pandemi Covid-19.
Pabrik terbesar Samsung yang berlokasi di Noida, India. (Foto: Gizmochina)

Jakarta - Perusahaan ponsel pintar, Samsung, Oppo, dan Vivo resmi menghentikan sementara produksi pabrik mereka yang berada di India. Hal ini disebabkan karena semakin maraknya wabah virus corona (Covid-19) yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 170 negara.

Dilansir dari laman Gizmochina, Selasa, 24 Maret 2020, pabrik terbesar Samsung yang berlokasi di Noida, dekat Ibu Kota New Delhi, ditutup sampai dengan 25 Maret 2020. Seluruh jalur produksi di pabrik tersebut akan ditangguhkan.

"Mengikuti kebijakan Pemerintah India, kami akan menghentikan sementara operasi di pabrik Noida hingga tanggal 25. Kami akan bekerja keras untuk memastikan tidak ada kemunduran dalam memasok produk kami," kata pihak pabrik Samsung Noida.

Manufacturing Vivo di IndiaManufacturing Vivo pertama di India. (Foto: Gizmochina)

Pabrik di Noida ini juga menjadi tempat produksi dari produk elektronik Samsung lain, seperti pendingin ruangan, mesin pendingin atau kulkas, mesin cuci, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, hambatan produksi bukan hanya berdampak bagi industri smartphone Samsung.

Serupa dengan Samsung, Oppo dan Vivo juga telah menginstruksikan semua pekerja non-pabrik untuk bekerja di rumah, serta menutup pabrik mereka yang berada di India. Penutupan ini diakibatkan telah terkonfirmasinya kasus terinfeksi Covid-19 di berbagai lokasi produksi.

Baca juga: LG dan Samsung Tutup Pabrik Akibat Virus Corona

Namun ada beberapa perusahaan smartphone yang tetap menjalankan produksinya di India, yakni Ericsson dan Nokia. Dua penyedia peralatan telekomunikasi terbesar di India ini telah menerima pengecualian dari badan yang berwenang untuk tetap produksi meskipun kapasitas produksinya diturunkan hingga 50 persen.[]

Berita terkait
Pabrik Kamera iPhone Tutup Akibat Virus Corona
Perusahaan pemasok modul kamera iPhone, LG Innotek, telah menutup salah satu pabriknya yang terletak di Gumi, Korea Selatan, karena virus corona.
Harga dan Spesifikasi Oppo A91
Oppo Indonesia meluncurkan seri Oppo A91 pada Selasa, 24 Maret 2020. Ponsel pintar ini menyasar konsumen gawai kelas menengah di Indonesia.
Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 9
Smartphone Infinix Hot 9 meluncur di Indonesia. Pemesan ponsel pintar asal Hong Kong ini melalui sejumlah e-commerce pada pekan ini.
0
Alasan Samsung, Oppo dan Vivo Tutup Pabrik di India
Samsung, Oppo, dan Vivo menutup sementara pabrik mereka yang berada di India akibat pandemi Covid-19.