Alasan Emas di Toko Perhiasan Lebih Murah Dibanding Antam

Toko emas biasanya membeli emas dalam jumlah besar, bahkan hingga mencapai puluhan kilogram.
Emas perhiasan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Emas merupakan alat investasi yang digemari masyarakat karena kemudahannya diberbagai aspek. Seperti mudah dalam menyimpannya, membelinya, bahkan menjualnya. Hal ini yang menjadikan banyak orang berinvestasi emas.

Selain itu, harga emas yang cenderun likuid tiap tahunnya membuat investasi ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar dalam jangka panjang. Namun jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya harga emas di toko perhiasan lebih murah dibandingkan engan emas Antam. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Berikut adalah alasan harga emas di toko perhiasan lebih murah dibandingkan dengan emas Antam.


1. Toko Emas Membeli dalam Jumlah Besar

Toko emas biasanya membeli emas dalam jumlah besar, bahkan hingga mencapai puluhan kilogram. Hal ini menyebabkan toko emas tidak terbebani biaya produksi atau ongkos cetak yang mahal.

Bila semakin kecil emas batangan, maka semakin besar juga ongkos cetak per gramnya. Hal ini karena toko emas membeli dalam jumlah yang banyak sekaligus, jadinya ongkos cetak lebih kecil, sehingga harga jual emasnya pun lebih murah.


2. Toko Emas Beli di Harga Rendah

Karena toko emas bertindak sebagai pelaku komersil yang membeli banyak emas sekaligus dalam tiap pembeliannya setahun, membuat harga emas di toko emas tidak mudah beradaptasi. Maksudnya adalah dengan kata lain, karena hal tersebut harga emas fisik di toko emas tidak bisa dengan mudah beradaptasi oleh harga emas spot yang diperdagangkan dalam satuan troy ounce.

Hal tersebut menyebabkan harga jual di toko emas tidak terlalu berfluktuasi. Faktor pendorong toko emas membeli dalam jumlah banyak karena untuk mengindari fluktuasi kurs USD, dan agar tidak terpengaruh dengan jumlah stok emas serta trend demand para pelaku pasar emas.


3. Emas di Toko Merupakan Hasil Leburan

Alasan lainnya harga emas di toko lebih murah karena merupakan hasil leburan. Karena perhiasan yang dibeli konsumen akan dilebur kembali dan kemudian dimurnikan di Antam untuk mendapat sertifikat 24 karat. Hal ini tentunya membuat harga emas di toko emas lebih murah dibandingkan dengan emas Antam.

Itulah tadi 3 alasan yang membuat harga ems di toko emas lebih murah dibandingkan dengan Antam. Sebenarnya harga emas sendiri relatif fluktuatif. Namun jika kamu ragu terhadap beberapa toko emas, kamu bisa langsung membelinya di Antam dengan sedikit perbedaan harga.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Potensi dan Resiko Berinvestasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak
Dalam berinvestasi emas, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menjualnya agar untung yang didapatkan maksimal.
Macam-macam Jenis Emas yang Bisa Diinvestasikan
Emas menjadi pilihan investasi bagi kamu yang tidak ingin repot-repot dalam memantau pergerakan kurva seperti instrumen investasi lainnya.
Wajib Simak! Ini Tips Investasi Emas Secara Online yang Aman
nvestasi emas online merupakan sebuah kemudahan yang ada di zaman sekarang. Dengan berbagai jenis penjualan barang online. Berikut tipsnya.
0
Alasan Emas di Toko Perhiasan Lebih Murah Dibanding Antam
Toko emas biasanya membeli emas dalam jumlah besar, bahkan hingga mencapai puluhan kilogram.