Aktor Sidney Poitier Meninggal Dunia

Perdana Menteri Bahama Philip Davis menyebutnya sebagai pria yang hebat.
Sidney Poitier. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Aktor kulit hitam pertama pemenang piala Oscar, Sidney Poitier telah meninggal pada usia 94 tahun.

Pria yang juga aktif dalam gerakan hak-hak sipil, dulunya meraih piala Oscar sebagai aktor terbaik dalam perannya di "Lilies of the Field"

"Dengan sangat sedih saya mengetahui pagi ini tentang meninggalnya Sir Sidney Poitier," kata Perdana Menteri Bahama Philip Davis dalam pidato yang disiarkan di Facebook, dikutip dari Reuters, Sabtu, 8 Januari 2022.

"Tetapi bahkan saat kami berduka, kami merayakan kehidupan seorang pria Bahama yang hebat: ikon budaya, aktor dan sutradara film, pengusaha, aktivis sipil dan hak asasi manusia dan, terakhir, seorang diplomat," lanjutnya. 

Poitier mendapatkan piala Oscar sebagai aktor terbaik dalam sejarah untuk "Lilies of the Field" pada tahun 1963, memerankan seorang tukang yang membantu biarawati Jerman membangun sebuah kapel di padang pasir.

Lima tahun sebelumnya, Poitier menjadi orang kulit hitam pertama yang dinominasikan sebagai aktor utama Oscar untuk perannya dalam "The Defiant Ones."

Poitier lahir pada 20 Februari 1927, dan dibesarkan di sebuah perkebunan tomat di Bahama, dan hanya memiliki satu tahun sekolah formal.

Poitier berjuang melawan kemiskinan, buta huruf dan prasangka Untuk menjadi salah satu aktor kulit hitam pertama yang dikenal dan diterima dalam peran utama oleh khalayak arus utama (mainstream).

Poitier memilih perannya dengan hati-hati, mengubur gagasan lama Hollywood bahwa aktor kulit hitam hanya dapat muncul dalam konteks yang merendahkan sebagai anak penyemir sepatu, kondektur kereta, dan pelayan.

Selain aktor, Poiter juga bekerja sebagai sutradara, Poitier bekerja dengan temannya Harry Belafonte dan Bill Cosby dalam "Uptown Saturday Night" pada tahun 1974. Lalu, Richard Pryor dan Gene Wilder dalam "Stir Crazy" tahun 1980.

Pada tahun 1974, Poitier dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Inggris Elizabeth II dan menjabat sebagai duta besar Bahama untuk Jepang dan untuk UNESCO. Poiter juga duduk di dewan direksi Walt Disney Co dari 1994 hingga 2003. []





Berita terkait
TV Hong Kong Tidak Menyiarkan Malam Penghargaan Piala Oscar
Pertama kali sejak 50 tahun terakhir acara malam penghargaan Piala Oscar tidak akan tayang di stasiun TV lokal Hong Kong
Infografis: Perjalanan Piala Oscar
Ini perjalanan Piala Oscar dalam infografis.
Cerita di Balik Piala Oscar, Penghargaan Tertinggi Insan Perfilman Dunia
Piala Oscar merupakan penghargaan untuk menghargai karya dalam industri film Amerika.
0
Aktor Sidney Poitier Meninggal Dunia
Perdana Menteri Bahama Philip Davis menyebutnya sebagai pria yang hebat.