UNTUK INDONESIA
Aktor Joker Joaquin Phoenix Ditangkap Polisi
Aktor Joker yang meraih Golden Globe, Joaquin Phoenix ditangkap polisi dalam aksi demonstrasinya di Washington DC soal isu perubahan iklim.
Joaquin Phoenix dalam film Joker. (Foto: Instagram/jokermovie)

Jakarta - Tak lama setelah kemenangannya di Golden Globe, aktor Joker, Joaquin Phoenix ditangkap polisi bersama dengan pedemonstran yang kritis akan perubahan iklim, pada Jumat 10 Januari 2020 waktu setempat.

Aktor Joker itu bergabung dalam aksi protes bertajuk 'Fire Drill Friday' yang diinisiasi Jane Fonda di Washington DC, yang turut melibatkan sejumlah aktor Hollywood seperti Martin Sheen, Maggie Gyllenhaal dan Susan Sarandon, yang semuanya peduli akan perubahan iklim. 

Joaquin Phoenix: Ini adalah langkah yang sangat berani. Itu benar-benar mengirim pesan yang kuat

Menurut Kepolisian Capitol Amerika Serikat, 147 pengunjuk rasa ditangkap karena demonstrasi yang melanggar prosedur hukum. 

Sejak Oktober 2019 lalu, Fonda dan aktor-aktor lain, termasuk Sam Waterston, Ted Danson, Rosanna Arquette, Sally Field dan Catherine Keener, sudah pernah ditangkap karena pembangkangan sipil, ketika mereka mengadvokasi 'Green New Deal'. 

Joker terbaruJoker yang diperankan Joaquin Phoenix. (foto: goat.com.au)

Saat Phoenix menghadiri aksi protes, dia berdiri di samping Fonda di atas panggung untuk menyampaikan pidato singkat mengenai protes terhadap peternakan dan penggalakkan isu vegetarian. 

Dalam perkenalannya, Fonda menyebut Phoenix sebagai salah satu aktor terbesar saat ini yang sangat peduli lingkungan. 

"Sesuatu yang saya pikir tidak sering dibicarakan dalam gerakan lingkungan atau dalam pembicaraan tentang perubahan iklim adalah bahwa industri daging dan susu adalah penyebab utama ketiga dari perubahan iklim,” kata Fonda dilasir Antara

"Saya pikir kadang-kadang kita bertanya-tanya apa yang bisa kita lakukan dalam perang melawan perubahan iklim ini dan ada sesuatu yang dapat Anda lakukan hari ini, sekarang, dan besok, dengan membuat pilihan tentang apa yang Anda konsumsi," ujarnya.

Pernyataan itu muncul beberapa hari setelah pidato Phoenix di mana ia memuji 'Hollywood Foreign Press' karena mengakui ada kausalitas antara industri peternakan hewan dengan perubahan iklim. 

Dirinya menganjurkan semua orang untuk mencoba hidup vegetarian, agar tidak memperparah perubahan iklim.

"Ini adalah langkah yang sangat berani. Itu benar-benar mengirim pesan yang kuat" kata Phoenix.

Aktivis hak-hak hewan (animal rights activist) seperti aktor Joker Joaquin Phoenix adalah mereka yang meyakinkan Hollywood Foreign Press untuk menerapkan menu all-vegan pertamanya di Golden Globes 2020. []

Berita terkait
Film Joker Raih 4 Nominasi Golden Globe Awards 2019
Film fenomenal Joker, berhasil masuk dalam 4 nominasi kategori sekaligus dalam gelaran penghargaan Golden Globe Awards 2019.
Sekuel Film Joker Sudah Masuk Tahap Produksi
Rumah produksi Warner Bros, akhirnya benar-benar memproduksi sekuel film Joker versi sutradara Todd Phillips.
Heath Ledger, Tewas Overdosis Karena Memerankan Joker?
Aktor Heath Ledger meninggal dunia karena overdosis obat-obatan. Banyak yang menduga pemeran Joker dalam Batman The Dark Knight ini depresi berat.
0
Pemakai Narkotika Salahgunakan Zat Lebih Dua Macam
Hasil riset tahun 2017 terkait dengan penyalaguna narkotika di Indonesia menunjukkan pemakai narkotika menyalahgunakan lebih dari dua macam zat