UNTUK INDONESIA
Aksi Cepat Tanggap TNI Bantu Korban Banjir di Sukabumi
Kodim 0607/Kota Sukabumi turunkan 89 personel termasuk 25 personel dari Yonif 315/Garuda bantu cari korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi
Personel TNI dari Kodim 0607/ Kota Sukabumi dan Yonif 315/Garuda membersihkan area yang terkena banjir bandang di Kabupaten Sukabumi (Foto: Tagar/Pendam III/Siliwangi)

Kabupaten Sukabumi - Kodim 0607/Kota Sukabumi, Jawa Barat, menurunkan kurang lebih 89 personel termasuk 25 personel dari Yonif 315/ Garuda untuk membantu pencarian korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi yang saat ini belum ditemukan, termasuk membantu membersihkan areanya.

“Kodim 0607/Kota Sukabumi menurunkan 89 personel terdiri dari 64 personel Kodim dan bantuan personel dari Yonif 315/Garuda sebanyak 25 personel. Pelaksanaan tugasnya sudah kami atur,” tutur Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, di Kabupaten Sukabumi, 23 September 2020.

Dari 89 personel yang diturunkan tersebut jelas dia, dibagi kelompok untuk mencari korban banjir bandang di 5 titik pencarian disepanjang alur yang terkena dampak banjir bandang. Selain personel, Kodim juga mengeluarkan alat berat Beco 1 unit dan 2 mesin potong (sansaw), serta alat lainya yang dapat dipergunakan untuk membuka akses jalan akibat pohon tumbang maupun material lainnya,” kata Letkol Danang.

Sebelum melakukan kegiatan kata dia, seluruh personel terlebih dahulu melaksanakan apel pengecekan dan pembagian tugas di Posko Bencana bertempat di Kampung Cibuntu Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Dalam membantu pencarian korban dan membersihkan area terdampak banjir bandang di Kabupaten Sukabumi, TNI bekerja sama dengan Tim gabungan yang terdiri dari Kodim 0607/Kota Sukabumi, Sat Brimob Polda jabar, Polres Sukabumi, BPBD, Tim SAR dan para relawan serta elemen masyarakat lainnya.

“Posko bersama ini sebagai pusat informasi. selain pengerahan pasukan juga untuk membantu menyalurkan sumbangan yang sudah terkumpul di BPBD, dengan adanya Posko ini untuk memudahkan bagi instansi atau semua para donasi untuk menampung dan mendistribusikan kepada korban banjir bandang dengan tepat sasaran,” ujar Letkol Danang.

Sementara itu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD III/Siliwagi Suci Nugroho Budi Wiryanto beserta pengurus daerah turut membantu dengan mengirimkan bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pengiriman bantuan tersebut menggunakan 2 kendaraan truk dari Bekangdam III/Siliwangi. Bantuan diberangkatkan langsung dari Kantor Persit KCK PD III/Siliwangi Jalan Sumbawa Kota Bandung. “Hari ini kita mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang terdampak bencana di Cicurug Sukabumi. Kami mengirimkan 236 karton berisikan pakaian dan selimut, 25 karung beras, 5.000 masker dan 100 paket sembako,” kata Letkol Danang.

Letkol Danang berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban para korban banjir bandang di Kabupaten Sukabumi, dan diharapkan bantuan tersebut bisa disalurkan secara merata. “Terima Kasih untuk seluruh anggota pengurus dan semuannya yang telah membantu Persit KCK Daerah III/Slw untuk mendistribusikan bantuan ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi saudara kita di Sukabumi,” ujar Letkol Danang. []

Berita terkait
Wagub Jawa Barat Tinjau Korban Banjir Bandang Sukabumi
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, meninjau korban banjir bandang di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.