UNTUK INDONESIA
Akses Internet di Jayawijaya dan Mimika Telah Dibuka
Pemblokiran akses data internet di Kabupaten Jayawijaya dan Mimika di Papua telah dibuka sejak Selasa malam pukul 21.00 WIT.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Pemblokiran akses data internet di Kabupaten Jayawijaya dan Mimika di Papua sejak Selasa (10/9/2019) pukul 21.00 WIT, telah dibuka oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)'

"Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika di Provinsi Papua yang sudah kondusif, Pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa (10/9) Pukul 21.00 WIT," Kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara, Selasa malam, 10 September 2019.

Setelah akses internet di Mimika dan Jayapura dibuka, kabupaten yang sudah kembali bisa mengakses internet di Papua berjumlah 27 dari total 29 kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Saat ini wilayah yang sudah mendapat kembali akses internet adalah Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke dan Biak Numfor.

Kominfo juga sudah mencabut blokir internet di Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukim dan Nabire.

Sementara akses internet di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kota Sorong dan Kota Manokwari di Papua Barat masih diblokir.

"Masih harus terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan".

Saat ini sudah 11 kabupaten/kota di Papua Barat yang memiliki akses internet, yaitu Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong. []

Berita terkait
Di Papua Sudah Bisa Internet Pasca Kerusuhan
Sebanyak 25 kabupaten di Papua kini sudah bisa menikmati akses internet, sempat sebelumnya diblokir oleh pemerintah akibat kerusuhan di daerah itu
Akun Facebook Milik Abdul Aziz Diblokir
Usai mengalami aksi bullying dan teror oleh netizen, kini laman Facebook dosen IAIN Surakarta tersebut diblokir oleh Facebook.
Efek Buruk Internet di Papua Diblokir Pemerintah
Pakar keamanan Siber Pratama Persadha mengatakan ditutupnya akses internet juga mengganjal aparat dan masyarakat dalam meredakan ketegangan.
0
Sikap Gus Miftah Soal Penistaan Agama Sukmawati
Gus Miftah menyarankan Sukmawati Soekarnoputri untuk meminta maaf atas tindakan membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Soekarno.