UNTUK INDONESIA
Absen Usai Operasi Labrum Bahu, Suga BTS Janji Sapa Army
Suga BTS baru-baru ini menjalani operasi dan perawatan di rumah sakit guna memperbaiki memulihkan kondisi labrum bahunya yang robek.
Suga BTS. (Foto: Instagram/bts.suga)

Jakarta - Personel boyband BTS, Suga, baru-baru ini menjalani operasi dan perawatan di rumah sakit guna memperbaiki memulihkan kondisi labrum bahunya yang robek. Lantaran itu, ia dipastikan bakal rehat sejenak dan absen dari kegiatan bersama The Bangtan Sonyeondan untuk sementara waktu.

Lama Yonhap melaporkan, Suga BTS sudah menderita gejala berhubungan dengan labrum bahu selama bertahun-tahun sejak 2012 silam. Namun baru-baru ini, ia memilih untuk menjalani operasi guna memulihkan kondisinya tersebut.

Labrum bahu sendiri merupakan bagian dari tulang rawan lunak di sendi berbentuk soket yang berada di bagian tulang bahu. Lantaran gangguan ini, Suga BTS kesulitan mengangkat tangannya tinggi-tinggi dan mengurangi performanya di kancah hiburan dan di belakang pentas.

Dalam pernyataan resmi yang ia tujukan kepada penggemarnya, Suga yang menjalani operasi pada 3 November 2020 lalu mengatakan bahwa ia bakal kembali menyapa fans alias Army saat kondisinya sudah jauh lebih baik. Ia juga menyadari keprihatinan dan kekhawatiran para penggemar atas keadaannya saat ini.

"Aku sangat menyadari betapa prihatin dan khawatirnya para penggemar, dan tahu betapa sedihnya mereka," kata Suga, dikutip Tagar pada Senin, 9 November 2020.

"Aku meminta (kalian) untuk memahami kondisi saat ini sebagai kesempatanku untuk bersiap bertemu (kalian) dalam kondisi kuat dan sehat," ujar dia.

Suga BTSSuga BTS. (Foto: Instagram/bts.suga)

Sebelumnya, pihak Big Hit Entertainment selaku agensi yang menaungi BTS juga sempat mengatakan bahwa Suga telah mengalami dislokasi bahu akibat kecelakaan sebelum pria yang pandai memainkan banyak jenis alat musik itu melakukan debut bersama The Bangtan Boys.

Gangguan tersebut kemudian berlanjut dirasakan Suga hingga diagnosis lanjutan pada tahun 2019 lalu. Sejak itu, ia akhirnya menjalani sejumlah perawatan dan memutuskan menjalani operasi untuk mencegah cedera yang mempengaruhi performanya di atas panggung.

"Masalah bahu Suga bermula saat dia terluka dalam kecelakaan yang terjadi pada 2012 sebelum debutnya, dan dia didiagnosis dislokasi bahu pada 2013," tulis Big Hit Entertainment dalam pernyataan resminya, dikutip Tagar pada Senin, 9 November 2020.

"Nyeri bahu berlanjut sampai dia didiagnosis lebih lanjut pada tahun 2019 mengidap robekan labral posterior pada bahu kirinya, yang menyebabkan tulang rawan di sekitar sendi bahu kirinya telah robek. Sejak itu, ia terus menerima berbagai perawatan untuk mencegah cedera memengaruhi aktivitasnya." kata pihak agensi.

Boyband BTS dijadwalkan bakal kembali merilis karya dengan meluncurkan album terbaru mereka yang diberi tajuk BE, pada 20 November mendatang. Namun akibat operasi bahu, Suga BTS dipastikan bakal absen dari sejumlah kegiatan bersama kawan-kawannya itu, termasuk rehat dari kegiatan promosi album baru tersebut.

Kesempatan rehat ini juga akan digunakan Suga BTS untuk mempersiapkan diri wajib militernya serta karir musiknya pasca-dinas militer nantinya. []

Berita terkait
5 Fakta Tentang Film BTS Break the Silence: The Movie
Berikut Tagar rangkumkan sederet fakta mengenai film Break the Silence milik boyband K-Pop BTS.
Tampil di MAMA 2020, BTS Bawakan Lagu dari Album BE
Grup K-Pop BTS dipastikan bakal tampil dalam gelaran Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020 dengan mambawakan lagu dari album terbaru mereka, BE.
15 Tahun Absen, System of a Down Rilis Dua Lagu Baru
Grup band cadas System of a Down resmi merilis dua buah lagu baru masing-masing berjudul Protect the Land dan Genocidal Humanoidz.
0
Absen Usai Operasi Labrum Bahu, Suga BTS Janji Sapa Army
Suga BTS baru-baru ini menjalani operasi dan perawatan di rumah sakit guna memperbaiki memulihkan kondisi labrum bahunya yang robek.