3 Kecamatan di Lahat Sumsel Diterjang Banjir Bandang

Tiga kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan diterjang banjir bandang dan longsor.
Longsor di Jalan Parekul Desa Pulau Pinang yang merupakan jalan provinsi. Longsoran tanah bahkan menimbun satu unit mobil, Kamis 9 Januari 2020. (Foto: Antara)

Palembang - Tiga kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan diterjang banjir bandang dan longsor akibat meluapnya dua sungai di kawasan tersebut pada Kamis 9 Januari 2020 pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono di Lahat, mengatakan longsor terjadi di Jalan Parekul Desa Pulau Pinang yang merupakan jalan provinsi. Longsoran tanah bahkan menimbun satu unit mobil.

"Akses penghubung Kabupaten Lahat dan Pagaralam di Kecamatan Pulau Pinang untuk saat ini terputus," ujar dia, dikutip dari Antara.

Dikatakannya, banjir melanda Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang, lalu Desa Sukarame dan Ngulam Baru di Kecamatan Gumay Talang, serta Desa Gunung Kembang di Kecamatan Merapi Timur.

Untuk sementara kami belum menerima laporan kerusakan dan korban jiwa

Banjir juga mengakibatkan jalan nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kikim Timur terputus.

Luapan air yang menyebabkan banjir bandang berasal dari Sungai Lematang dan Sungai Kikim. Peningkatan debit diakibatkan hujan yang turun di Lahat sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul pagi.

"Untuk sementara kami belum menerima laporan kerusakan dan korban jiwa," tambah Marjono.

Unsur tanggap bencana seperti BPBD, SAR, polisi, TNI dan Pemkab Lahat sudah bergerak menuju lokasi bencana guna memastikan kondisi warga yang terdampak longsor maupun banjir.

Salah seorang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT ) Lahat, Yanuar Ardi menyebut ketinggian air di Desa Lubuk Sepang mencapai pinggang orang dewasa yang merendam rumah, kendaraan hingga ratusan hektare sawah.[]

Berita terkait
Kapolda: Korban Banjir Bandang Labura Terus Dicari
Tim gabungan terus melakukan pencarian korban banjir bandang di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
Banjir Bandang Bandung Barat KCIC Tanggung Jawab
Wagub Jabar, UU Ruzhanul Ulum, pastikan PT KCIC akan ,jamin semua kerugian masyarakat korban banjir bandang di Kabupaten Bandung Barat
Banjir Bandang, Bupati Lebak Soroti Aktifitas Peti
Banjir bandang yang menerjang wilayah Lebak, Banten, jadi perhatian Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, terkait dengan pertambangan ilegal (peti)
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.