UNTUK INDONESIA
23 Maret Wakilnya Anies Baswedan Ditetapkan
23 Maret 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditargetkan akan memiliki wakil, dengan dilakukannya pemilihan wagub DKI.
Anies Baswedan. (Foto: Antara/Aji Cakti)

Jakarta - Jadwal pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta resmi ditetapkan. Hal itu disampaikan oleh Panitia Pemilihan (Panlih) usai melaksanakan rapat tertutup di DPRD DKI. Jadi, pada bulan ini, Gubernur Anies Baswedan ditargetkan sudah memiliki pendamping. 

"Jadi hari ini, panitia pemilihan wagub DKI Jakarta telah berhasil menetapkan tahapan dan jadwal pemilihan wagub. Intinya, pemilihan akan kita lakukan pada tanggal 23 Maret 2020. Itu yang penting," kata Wakil Ketua Pemilihan Basri Baco di DPRD Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Pada tanggal itu, cawagub Riza Patria dan Nurmansjah Lubis juga dijadwalkan menjalani uji kompetensi sebelum pemilihan. 

Tanggal 23 (Maret 2020) pas Paripurna, itu dalam satu kesatuan, setelah tanya jawab visi misi, tanya jawab, kemudian kita break, persiapan untuk pemilihan.

Anggota Dewan diperkenankan bertanya kepada tiap cawagub sebelum pemilihan yang berlangsung tertutup itu digelar.

"Diadakan penyampaian visi misi sekaligus di hari yang sama akan diadakan pemilihan wagub," katanya.

Baca juga: Cawagub DKI Nurmansjah Lubis Cemas Dijegal Partai

Penyampaian visi misi dan tanya jawab itu diadakan dalam sidang paripurna pemilihan. "Tanggal 23 (Maret 2020) pas Paripurna, itu dalam satu kesatuan, setelah tanya jawab visi misi, tanya jawab, kemudian kita break, persiapan untuk pemilihan" ujarnya.

Anggota Panlih Andyka mengatakan sejatinya tidak ada visi misi baru yang disampaikan cawagub. Hal ini lantaran wagub dipilih melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

"Karena ini wagub PAW yang akan kita pilih, artinya tidak punya visi misi baru tapi akan melaksanakan visi misi gubernur sesuai RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah). Inilah yang kita harapkan adanya ide dan gagasan visi misi gubernur tersebut. Jadi enggak ada visi misi baru lagi," kata Andyka.

Halaman: 12
Berita terkait
Banjir Jakarta, Dinding Terowongan Tol Cawang Ambruk
Dinding saluran di underpass (terowongan) Tol Cawang, Jakarta Timur ambruk akibat terendam banjir pada Minggu, 23 Februari 2020.
Survey: Warga DKI Khawatir Politik Uang Cawagub
Menurut hasil survei LKSP, sebanyak 68 persen warga DKI trauma adanya politik uang terkait pemilihan perangkat daerah yang ditangani DPRD.
Gerindra Tolak Ada Ahli di Uji Kelayakan Cawagub DKI
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra menolak adanya keterlibatan ahli dalam uji kelayakan calon wakil gubernur DKI.
0
Hidup Pasutri dan 13 Anak di Aceh Huni Gubuk Reyot
Kehidupan Bakhtiar Beni, yang tinggal bersama seorang istri dan 13 anak di gubuk reyot mengungkap potret kemiskinan masyarakat Provinsi Aceh.