UNTUK INDONESIA

12 Rekomendasi Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Berikut rekomendasi gunung yang cocok dikunjungi untuk para pendaki pemula.
Pemandangan puncak Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 1.726 Mdpl, gunung Andong merupakan salah satu gunung di Pulau Jawa yang cocok bagi para pendaki pemula. (Foto: Tagar/indonesiatraveler.id)

Jakarta – Indonesia memiliki banyak sekali gunung dengan pemandangan yang indah. Namun, di pulau Jawa sendiri terdapat ratusan gunung yang tersebar di beberapa wilayah dan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Meski sedang pandemi, wisata gunung menjadi alasan yang tepat untuk refreshing sambil menjelajahi alam. Selain aman dari kerumunan, wisata ini juga tergolong cukup murah, dibanding dengan pergi ke luar kota, booking pesawat dan hotel jutaan rupiah.

Tapi, bagaimana jika kamu belum pernah naik gunung, atau pendaki pemula? Kira-kira gunung apa yang cocok untuk dikunjungi para pendaki pemula? Berikut Tagar akan memberikan rekomendasi gunung untuk pendaki pemula yang berada di pulau jawa.

1. Gunung Nglanggeran – 700 mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula yang pertama adalah Gunung Nglanggeran yang terletak di Yogyakarta. Gunung yang hanya memiliki ketinggian 700 mdpl ini memiliki jalur yang landai dan jalan setapak dari batu, sehingga cocok untuk pemula yang ingin belajar hiking. Kamu hanya membutuhkan waktu, kurang dari satu jam, untuk mencapai puncaknya dan menikmati Jogja dari sisi yang berbeda.

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin naik gunung tetapi tidak mempunyai banyak persiapan dan waktu luang. Meskipun tidak memiliki puncak, pemandangan hutan pinus yang menyejukkan dapat melepas penat pada akhir pekan.

Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian 800 mdpl. Selain track yang mudah, pengunjung juga dapat berkemping di area sekitar Gunung Pancar serta terdapat pula fasilitas lainnya, seperti berkuda, bersepeda, dan pemandian air panas. Gunung ini cocok didaki bersama keluarga maupun sahabat.

3. Gunung Munara – 1119 Mdpl

Untuk pendaki pemula yang berlokasi di kawasan Bogor atau Jabodetabek, kamu bisa mengunjungi Gunung Munara. Di awal pendakian para pendaki akan disuguhkan jalanan yang landai, pemandangan rumah warga, jembatan, sungai, hingga curug.

Gunung yang berlokasi di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin ini hanya memiliki ketinggian 1.119 mdpl, cocok untuk traveler yang suka mendaki. Namun harus tetap berhati-hati karena saat memasuki kawasan puncak, medan Gunung Munara cukup terjal.

4. Gunung Andong – 1.726 Mdpl

Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai salah satu gunung yang ramah bagi pemula. Hanya dengan ketinggian 1762 Mdpl, kamu bisa menaklukkan puncak Andong, hanya dalam waktu 2 jam.

Walaupun tak setinggi gunung pada umumnya, gunung Andong tetap menarik untuk didaki. Karena, memiliki pemandangan yang keren dan jalur yang mudah ditempuh. Cocok sekali untuk yang baru pertama kali mendaki gunung.

5. Gunung Kencana – 1.796 Mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Bogor selanjutnya yaitu Gunung Kencana. Gunung yang baru diresmikan sekitar tahun 2016 lalu ini langsung menjadi primadona para pendaki untuk sekedar hiking. Bahkan banyak yang hanya ingin berburu matahari terbit, ataupun terbenam.

Memiliki jalur yang landai dan ramah pendaki pemula, kamu akan disuguhkan kebun teh di sisi kanan dan kiri sepanjang jalan. Selain itu, gunung ini juga memiliki petunjuk arah yang akan mengarahkan hingga sampai puncak, sehingga hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai di puncak.

6. Gunung Panderman – 2.045 Mdpl

Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini terletak di Kota Batu, Jawa Timur, menjadi rekomendasi selanjutnya untuk para traveler yang suka mendaki. Pasalnya, jalur pendakian di gunung ini cukup landai dan mulus. Bahkan, hampir tidak ada rintangan yang menghadang.

7. Gunung Ungaran – 2.050 Mdpl

Gunung ungaran yang berada di Semarang, Jawa Tengah memiliki tinggi 2.050 mdpl. Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yakni Gendol, Botak, dan Ungaran. Kamu bisa melihat Semarang secara keseluruhan dan jajaran gunung lainnya dari Puncak Ungaran, seperti Gunung Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Merapi sumbing dan Sindoro.

8. Gunung Papandayan – 2.265 Mdpl

Dikenal dengan wisata gunung keluarga, Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.265 Mdpl. Meski lumayan tinggi, namun gunung ini memiliki jalur yang landai dan asik. Gunung yang terletak di Garut Jawa Barat ini merupakan gunung terindah di Jawa Barat. Salah satu spot terfavorit yang memiliki pemandangan indah adalah hutan mati, selain itu di sini juga terdapat kawah serta kebun bunga edelweis.

9. Gunung Bromo – 2.329 Mdpl

Gunung yang terletak di empat lingkup kabupaten, yaitu Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan ini terkena akan keindahannya. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Tengger Sumeru. Gunung ini tengah menjadi gunung sejuta umat yang populer. Berbagai macam paket perjalanan ditawarkan untuk berwisata di gunung ini. Banyaknya fasilitas yang ada mempermudah para pemula di semua jenis usia.

10. Gunung Patuha – 2.386 Mdpl

Rekomendasi gunung yang ada di pulau jawa selanjutnya yaitu Gunung Patuha yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah putih merupakan bagian dari Gunung patuha yang lebih dikenal daripada Gunung Patuha itu sendiri. Danau kawah dengan warna toska tersebut menjadi sebuah tempat favorit banyak orang.

11. Gunung Ijen – 2.443 Mdpl

Terletak di ujung Pulau Jawa, yakni di Banyuwangi, Gunung Ijen menjadi rekomendasi gunung untuk pendaki pemula selanjutnya. Gunung ini, sangat populer dengan blue firenya, dan kawah belerang yang memukau. Bahkan, tak jarang lokasi ini menjadi spot foto andalan para pendaki. Kamu bisa mencapai puncak gunung dalam waktu 2 jam, dari basecamp Platidung.

12. Gunung Prau – 2.565 Mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendakipemula yang terakhir adalah Gunung Prau, merupakan gunung yang sangat populer di kalangan pendaki. Berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.590 mdpl dan terkadang suhunya bisa mencapai -5 derajat.

Pemandangan yang tersohor dari gunung ini yaitu golden sunrise yang luar biasa memesona, bahkan banyak orang yang mengatakan golden sunrise di Gunung Prau adalah terbaik se Asia Tenggara. Gunung ini cocok untuk para pemula, karena pendakian hanya membutuhkan 2-3 jam saja. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Lima Gunung Andalan Para Pendaki Pemula
Pendaki pemula disarankan mulai mencari informasi sejumlah gunung yang akan didaki. Berikut ulasan mengenai gunung andalan yang cocok bagi pemula.
Perlengkapan Wajib Berkemah Buat Pendaki Pemula
Berkemah salah satu aktivitas untuk bisa lebih mengenal alam, namun ketika melakukannya perlu mempersiapkan beberapa hal agar tetap merasa aman.
Kesalahan Pendaki Pemula yang Perlu Dihindari
Sejumlah gunung di Indonesia mulai dibuka kembali bagi wisatawan. Bagi pemula yang ingin mendaki, berikut ini hal yang harus dihindari.
0
12 Rekomendasi Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula
Berikut rekomendasi gunung yang cocok dikunjungi untuk para pendaki pemula.