10 Sungai Paling Bersih di Indonesia yang Mempesona

Tak hanya di luar negeri Indonesia juga memiliki sungai dengan lanskap yang memesona selain air yang jernih juga memiliki pemandangan yang indah.
Ilustrasi - Sungai paling bersih di Indonesia yang mempesona. (Foto: Tagar/Travel)

Jakarta - Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak sungai dengan lanskap yang memesona. Namun, juga tak dapat dipungkiri sebagian sungai di Indonesia tercemar polusi hingga sampah masyarakat. 

Kendati begitu, beberapa wilayah di Indonesia memiliki sungai yang bersih dan dijadikan destinasi wisata. Selain itu, suasana dan pemandangannya menarik. 


1. Leuwi Korsi

Sungai Leuwi Korsi berada di Jawa Barat yang menyuguhkan air sungai berwarna biru yang bersih. Dilengkapi bebatuan berbentuk heksagonal yang unik menambak eksotisnya tempat ini.


2. Sungai Maron

Sungai Maron di Jawa Timur disebut Amazon ala Indonesia. Selain bersih, sungai ini memiliki pemandangan indah di setiap sisinya membuat siapa saja akan takjub dengan keelokan alamnya. 


3. Kolam Abadi

Kolam Abadi berlokasi di Sumatra Utara terlihat segar dan kebiruan. Anda juga bisa melihat dasar sungai yang berisi batuan dan pasir karena airnya sangat jernih.


4. Sungai Sekonyer

Sungai ini berlokasi di Kalimantan Tengah, air sungai ini juga sangat bersih. Keberadaan sungai ini tepat di tengah-tengah rumah orang utan, serta rawa gambut


5. Sungai Watergong

Sungai selanjutnya berada di Klaten di Jawa Tengah, Sungai Watergong ini sempat viral di media sosial, sebab di dalamnya terdapat ikan-ikan ala sungai di Jepang dan airnya yang sangat jernih.


6. Sungai Tamborasi

Sungai terpendek di Sulawesi Tenggara ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan memiliki air yang bersih jernih. Menariknya sungai ini memiliki pemandangan hutan serta pantai


7. Sungai Niyama

Selain bersih, pemandangan Sungai Niyama di Jawa Timur eksotis karena keindahan alamnya. Udaranya sejuk, berada di antara dua gunung, salah satunya Gunung Budheg. 


8. Tukad Badung

Sungai Tukad Badung di Bali disulap mirip Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Ada tempat duduk berundak, air mancur, dan lampu warna-warni menghiasi sungai tersebut. Sungai ini berada di tengah-tengah pasar, meski begitu sungai ini tak kalah menariknya pada malam hari. 


9. Kali Biru Warsambin

Sungai cantik yang satu ini berada di Papua ini berwarna biru nan elok dipandang mata.  Dikelilingi pepohonan rimbun dan airnya yang jernih membuat kita dapat melihat dasarnya.


10. Sungai Kemuning

Terakhir ada Sungai Kemuning yang merupakan salah satu ikon wisata di Kalimantan Selatan. Dilengkapi berbagai sarana umum yang membuat para pengunjung nyaman. 

Nah, itulah sejumlah sungai yang bersih dan dijadikan tempat wisata yang apik di Indonesia. []

Berita terkait
Mengapa Sungai Gangga Jadi Kuburan Jenazah Covid-19
Jenazah pasien Covid-19 berseliweran di Sungai Gangga, sungai suci bagi umat Hindu India, dan mencemari sumber air vital di utara India
400 Juta Warga Terdampak Kuburan Dangkal di Sungai Gangga
Tsunami Covid-19 di India: Bagaimana kuburan dangkal di bantaran Sungai Gangga ancam penghidupan 400 juta warga
Ratusan Jenazah Covid-19 di India Dikuburkan di Tepi Sungai
Polisi meminta penduduk desa di India utara agar tidak menguburkan keluarga mereka di pemakaman pasir yang dangkal di tepi Sungai Gangga
0
10 Sungai Paling Bersih di Indonesia yang Mempesona
Tak hanya di luar negeri Indonesia juga memiliki sungai dengan lanskap yang memesona selain air yang jernih juga memiliki pemandangan yang indah.