UNTUK INDONESIA
Zainut Tauhid Minta Aturan Cadar ASN Disikapi Bijak
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi menanggapi wacana larangan cadar dan celana cingkrang bagi aparatur sipil negara (ASN).
Calon Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi memberikan salam usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengatakan wacana larangan cadar dan celana cingkrang bagi aparatur sipil negara (ASN) di instansi pemerintahan hendaknya disikapi secara dewasa oleh semua pihak.

"Karena hal tersebut hanya sebatas untuk penertiban dan penegakan disiplin pegawai di lingkungan Kementerian Agama," kata Zainut di Jakarta, Sabtu, 2 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: PKB Dukung Larangan Memakai Cadar di Lingkungan ASN

Menurut Zainut, langkah penertiban dan penegakan disiplin di lingkungan kementrian merupakan salah satu tindakan yang wajar. Sebab, hal itu menjadi bagian dari tugas pembinaan aparatur pemerintah agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan.

"Tanpa harus mengaitkan dengan hak privasi seseorang apalagi memperhadapkan dengan kebebasan dalam melaksanakan ajaran agama," ucapnya.

ASN BercadarAparatur Sipil Negara (ASN) bercadar beraktivitas menyeleksi berkas pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (1/11/2019). (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

Ia memastikan jika nanti aturan larangan cadar dan celana cingkrang diterapkan tidak akan sampai melanggar hak privasi atau hak seseorang dalam menjalankan ajaran agama.

"Semuanya masih dalam koridor ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang ada," ujar Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Wacana larangan pemakaian cadar atau niqab di instansi pemerintahan muncul dari Menteri Agama Fachrul Razi. Ia mengatakan tidak ada larangan bagi publik untuk memakai cadar tapi ada kemungkinan melarang pemakaian cadar di instansi pemerintahan karena alasan keamanan.

"Kita tidak melarang niqab, tapi melarang untuk masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan," tuturnya. []

Berita terkait
PKS Sebut Larangan Cadar Bagi ASN Terkesan Buruk
Juru bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan tak seharusnya Menteri Agama Fachrul Razi mewacanakan larangan memakai cadar dan celana cingkrang ASN.
Pengguna Cadar Protes, MUI Padang Enggan Komentar
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang belum mau berkomentar soal wacana larangan pemakaian cadar di instansi pemerintah.
Jokowi Tanggapi Larangan Cadar dan Celana Cingkrang ASN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi wacana larangan pemakaian cadar atau niqab dan celana cingkrang untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).
0
Menakar Legalisasi Ganja di Indonesia ala Lebanon
Peluang Indonesia lebih tinggi untuk legalisasi ganja ekonomi, karena catatan utang negara ini empat kali lebih besar dibandingkan dengan Lebanon.